Remaja Yang Terkena Obesitas Ternyata Memilliki Resiko Kanker Usus Cukup Tinggi

DokterSehat.Com – Cukup banyak kita menemukan mereka yang masih berusia remaja namun telah memiliki masalah obesitas. Uniknya, banyak orang tua yang menganggap masalah obesitas ini sebagai hal yang biasa saja dan anak akan lambat laun mendapatkan berat badan yang normal ke depannya. Padahal, obesitas bukan hanya masalah tentang berat badan saja, ada banyak sekali penyakit tersembunyi jika seseorang terkena obesitas. Pakar kesehatan di Swedia bahkan menyebutkan jika remaja yang terkena obesitas beresiko cukup tinggi untuk terkena kanker usus.

doktersehat-gendut-perut

Jurnal Gut dari Swedia menyatakan jika remaja yang memiliki berat badan berlebihan akan memiliki resiko terkena kanker usus hingga dua kali lipat. Bahkan, begitu kuatnya kaitan antara obesitaas dan kanker membuat The World Cancer Research Fund menyatakan jika dalam setiap tahunnya, ada setidaknya 1,4 juta kasus kanker usus baru yang sebagian diantaranya diawali oleh masalah obesitas saat remaja.

Dari penelitian yang melibatkan 240.000 pria di Swedia, diketahui 6,5 persen dari jumlah pria tersebut mengalami masalah berat badan berlebihan dan 1 persen diantaranya bahkan sudah mengalami obesitas. Sementara itu, sisanya adalah mereka yang memiliki berat badan yang normal. Dari penelitian yang berlangsung selama bertahun-tahun ini, ditemukan kasus kanker kolorektal sebanyak 855 kasus dan menunjukkan fakta dimana mereka yang mengalami obesitas memiliki resiko terkena kanker usus lebih tinggi 2,38 kali lipat.

Selain karena obesitas, kanker usus juga akan terjadi jika seseorang cenderung melakukan gaya hidup yang sangat tidak sehat, khususnya dalam memilih pola makan yang sangat buruk, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, dan ditambah dengan jarangnya Ia melakukan aktifitas fisik. Yang menjadi masalah adalah, gaya hidup buruk ini justru banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini berarti, untuk mengurangi resiko terkena kanker usus dan berbagai masalah kesehatan lainnya, ada baiknya kita mulai menjaga gaya hidup yang jauh lebih sehat dan mendapatkan berat badan yang ideal.