Remaja yang Kecanduan Ponsel Bisa Mengalami Ketidakseimbangan Otak

DokterSehat.Com– Penggunaan gadget seperti ponsel pintar kini sudah menjadi hal yang sangat wajar, apalagi bagi para generasi muda. Dengan adanya ponsel pintar, kita bisa mencari informasi dengan cepat dan mudah, bermain game, bermain media sosial, hingga sekadar mengobrol melalui aplikasi chatting. Meskipun tidak akan membosankan dan bisa membuat kita terus memainkannya hingga berjam-jam lamanya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada dampak kesehatan yang bisa didapatkan dari kebiasaan memakai ponsel dengan berlebihan.

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Korea University, Seoul, disebutkan bahwa remaja yang kecanduan ponsel akan mengalami ketidakseimbangan otak. Dalam penelitian yang memakai spektroskopi resonansi magnetic yang bisa mendeteksi perubahan biokimia otak seseorang, ditemukan fakta bahwa otak remaja yang sudah kecanduan ponsel pintar dan internet ternyata sangat berbeda jika dibandingkan dengan otak remaja yang tidak sampai kecanduan kedua hal tersebut.

Hyung Suk Seo, M.D, pemimpin penelitian ini, menyebutkan bahwa untuk menentukan apakah remaja tersebut kecanduan ponsel pintar atau tidak, mereka diminta untuk mengisi kuesioner yang menyebutkan kebiasaan sehari-hari dalam memakai ponselnya atau menggunakan internet. Dari 38 remaja yang dilibatkan, dihasilkan fakta bahwa mereka yang kecanduan memiliki tingkat kimiawai tertentu yang sangat tinggi pada otaknya dan akhirnya bisa memperlambat aktifitas otak dengan signifikan.

Dampak lain dari kecanduan ponsel adalah resiko lebih besar untuk terkena depresi, kegelisahan dan susah tidur. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita pandai-pandai mengatur waktu dalam menggunakan ponsel pintar agar tidak sampai kecanduan.