Remaja Pria Juga Banyak Yang Terkena Anoreksia

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar penyakit anoreksia, maka kita tentu akan membayangkan seorang gadis yang kurus kering karena mengalami gangguan makan ini. Anoreksia memang cenderung lebih sering terjadi pada kaum hawa daripada laki-laki. Namun, belakangan ini ditemukan fakta dimana banyak pria, khususnya yang masih berusia remaja ternyata juga mengidap masalah gangguan makan ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

Pakar ksehatan Dr Alison Field yang berasal dari salah satu Rumah Sakit Anak-Anak di Boston, Amerika Serikat, melakukan penelitian yang diberi judul “Growing Up Today” dan dilakukan dalam rentang waktu 1999 hingga tahun 2010. Pada penelitian ini, Ia mempelajari gangguan makan yang terjadi pada pria. Hasil dari penelitian ini ternyata cukup mengejutkan dimana banyak remaja pria yang memiliki obsesi besar pada penampilan tubuh dengan otot-otot yang lebih baik, bahkan bagi mereka yang mengalami obesitas. Rasio remaja pria yang peduli pada penampilan otot-ototnya bahkan mencapai 9,2 persen dari semua jumlah pria. Karena obsesi ini, mereka pun berjuang untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan akhirnya mengalami gangguan makan anoreksia nervosa ataupun bulimia nervosa dimana mereka bisa memuntahkan kembali makanan yang sudah dikonsumsi. Yang menarik adalah, pria-pria ini juga cenderung “gila melakukan latihan” pada pusat kebugaran agar otot-ototnya terbentuk dengan lebih baik dan banyak kalori yang terbakar.

Dikarenakan penyakit ini cenderung menyerang kaum pria, banyak orang tua yang tidak begitu memperhatikan pola makan anak laki-lakinya sehingga tidak menyadari jika anaknya ternyata juga mengidap anoreksia. Untuk mencegah hal ini, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya orang tua kini harus lebih pandai menjaga berat badan anak laki-lakinya karena dengan badan yang cenderung ideal, maka resiko mendapatkan anoreksia karena berpikir dirinya terlalu gemuk pun menjadi semakin menurun.