Remaja Ini Berhasil Selamat dari Amoeba Pemakan Otak

DokterSehat.Com – Sebuah kejadian yang mengerikan terjadi di South Florida, Negara bagian Miami, Amerika Serikat dimana seorang remaja pria berhasil selamat dari serangan amoeba, semacam hewan protozoa yang tidak memiliki dinding sel, pemakan otak. Amoeba ini memang sangat langka namun diketahui telah menyebabkan kematian bagi banyak orang, dan beruntung, Sebastian Doleon yang masih berusia 16 tahun ini tidak meregang nyawa karenanya.

doktersehat-bakteri-pemakan-otak-amoeba-protozoa

Pakar kesehatan yang berasal dari Florida Hospital for Children yang menangani Sebastian menyebutkan jika remaja ini melaporkan kondisi yang aneh pada tubuhnya dimana Ia merasa sangat sensitif pada cahaya dan mengalami rasa pusing yang parah dan sangat tidak biasa. Sebastian juga mengaku jika Ia tidak akan menyadari jika ada sentuhan pada tubuhnya sama sekali. Setelah diperiksa, diketahui bahwa ada amoeba pemakan otak yang memasuki tubuhnya, amoeba yang sejenis dengan yang pernah menjadi penyebab utama 97 persen kematian pada rumah sakit tersebut pada dua tahun lalu.

Sebastian sendiri sedang bekerja di konselor perkemahan di Broward County dan diyakini amoeba ini masuk melalui hidungnya saat berenang di air tawar layaknya sungai atau danau. Saat Ia melakukan perjalanan liburan bersama dengan orang tuanya menuju Negara bagian Orlando, barulah Ia merasakan sakit kepala hebat dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Setelah melakukan pengetesan termasuk tes meningitis, dokter menemukan adanya amoeba pemakan otak ini pada cairan tulang belakangnya dan Ia pun langsung mendapatkan penanganan yang cepat untuk mengeluarkan amoeba ini agar tidak mengalami infeksi parah yang mematikan.

Dr. Federico Laham yang menangani masalah Sebastian berkata jika remaja ini beruntung karena hanya empat orang dari 138 kasus infeksi amoeba pemakan otak ini yang mampu selamat dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Beliau pun berkata jika kini Doleon masih mendapatkan perawatan di rumah sakit dan membutuhkan alat bantu untuk berjalan selama masa pemulihan.