Remaja Asal India Ini Memiliki 232 Gigi di Dalam Mulutnya

DokterSehat.Com– Normalnya manusia dewasa memiliki 32 buah gigi di dalam mulutnya. Namun, remaja asal India bernama Ashik Gavai ini memiliki gigi dengan jumlah yang jauh lebih banyak, yakni 232 gigi. Bagaimana bisa Ia bisa memiliki gigi dengan jumlah yang sangat banyak ini?

doktersehat-sakit-gigi-minyak-cengkeh

Semua berawal dari Ashik yang yang sudah mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada rahang dan mulutnya selama 18 bulan. Pada awalnya, Ia memilh untuk mengabaikannya begitu saja dan berpikir bahwa rasa nyeri ini akan mereda. Namun, pada akhirnya Ia tidak tahan lagi dan memutuskan untuk pergi ke kota demi mengunjungi dokter gigi.

Dokter yang memeriksa kondisi mulutnya pun sangat terkejut tatkala menemukan bahwa di dalam mulut Ashik terdapat gigi dalam jumlah yang sangat banyak. Dokter pun akhirnya mendiagnosisnya terkena masalah odontomas, yakni gigi yang tumbuh dengan sangat tidak beraturan sehingga jumlahnya bertambah sangat banyak. Pertumbuhan ini berupa enamel dan dentin, semacam jaringan dengan warna kekuningan yang membentuk gigi manusia.

Kasus yang dialami oleh Ashik ini sangatlah langka, apalagi dengan jumlah gigi yang ada dalam mulut Ashik yang mencapai 232 gigi. Meskipun berukuran sangat kecil, tetap saja dokter kerepotan untuk membuang gigi-gigi yang tidak perlu ini. Bahkan, dokter harus melakukan semacam memalu atau memahat gigi-gigi tambahan tersebut.

Beruntung, masalah odontomas yang dialami oleh Ashik ini bukanlah hal yang bisa kambuh lagi di masa depan. Kini, Ashik pun sedang menjalani masa pemulihan.