Remaja 19 Tahun Dari New York Ini Mendonorkan Ginjal Untuk Adiknya

DokterSehat.Com – Seorang anak berusia 15 tahun dari New York, Amerika Serikat, bernama Collin DeGonzaque, terlahir dengan kondisi tidak beruntung dimana Ia memiliki kecacatan yang membuat saluran kemihnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saat usianya baru dua bulan, Ia bahkan harus dioperasi agar bisa bertahan hidup. Sayangnya, setelah melakukan beberapa operasi lagi, diketahui bahwa ginjalnya sudah mengalami kerusakan sangat parah. Bahkan, pada usia tiga tahun Ia harus sudah memakai kateter dan melakukan diet super ketat dimana makanan yang dikonsumsi hanyalah yang rendah lemak dan sangat minim serat. Tak hanya itu, Ia juga harus mengkonsumsi pil rejimen setiap hari demi kesehatannya.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Sayangnya, kerusakan pada ginjalnya sudah sangat parah dan satu-satunya jalan agar Collin bisa bertahan hidup adalah dengan mendapatkan transplantasi ginjal. Melihat kondisi kesehatan adiknya, kakak Collin, Wesley DeGonzaque yang empat tahun lebih tua akhirnya memutuskan untuk menjadi pendonornya setelah diketahui bahwa ginjalnya cocok untuk adiknya.

Operasi transplantasi ginjal ini dilangsungkan di Rumah Sakit Syracuse di New York pada 19 Juli lalu. Wesley mengungkapkan jika Ia hanya ingin melihat hidup adiknya menjadi lebih mudah dan tak lagi harus menderita. Meskipun pada awalnya sang ibunda, Jodi Wilson, keberatan dengan ide Wesley untuk menjadi pendonor bagi adiknya, pada akhirnya ibundanya menyadari bahwa sang kakak hanya ingin melakukan yang terbaik untuk saudaranya.

Beruntung, setelah melakukan operasi transplantasi ginjal, kondisi kesehatan Collin cenderung semakin membaik. Ia bahkan sudah mampu mengkonsumsi berbagai makanan yang dikonsumsi orang biasa, meskipun memang sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna. Namun, Ia berkata jika berkat pertolongan kakaknya, Ia kini merasa lebih sehat, lebih bahagia, dan terbebas dari penderitaan yang telah diderita selama ini sehingga merasakan masa depan yang lebih cerah.