Redakan Stress Dengan Duduk di Bawah Pohon yang Rindang

DokterSehat.Com – Akhir pekan telah tiba. Di saat seperti inilah kita berusaha untuk beristirahat atau menenangkan pikiran setelah sibuk melakukan berbagai aktifitas di hari kerja. Jika sebagian orang memilih untuk pergi ke tempat makan favorit atau bahkan berbelanja, maka kita bisa memilih untuk menggunakan cara yang lebih sederhana untuk meredakan stress. Cara tersebut adalah dengan duduk di bawah pohon.

jalan_lari_hutan_doktersehat

Pakar kesehatan Florence Williams yang menulis buku berjudul The Nature Fix, menyebutkan bahwa pohon yang rindang ternyata bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan secara efektif menurunkan depresi atau kecemasan berlebih. Kita bisa pergi ke taman yang dekat dengan hunian kita dan tinggal mencari pohon yang rindang. Duduklah selama 15 atau 20 menit dengan tenang di bawah pohon tersebut dan kecemasan atau stress yang sedang melanda pun bisa berkurang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mendukung apa yang diungkapkan Williams dalam buku tersebut. Menurut CDC, wanita dengan rentang usia 40 hingga 59 tahun bisa secara efektif menurunkan stress, depresi, dan juga kecemasan dengan melakukan hal tersebut. Sebagai informasi, 1 dari 4 wanita di Amerika Serikat ternyata harus mengkonsumsi obat anti depresan dan berbagai obat-obatan lainnya demi mengatasi masalah kesehatan jiwa tersebut akibat dari kurang tidur, pekerjaan ganda di tempat kerja dan di rumah, serta berbagai masalah lainnya.

Tak hanya duduk di bawah pohon yang rindang, Williams berkata bahwa aktifitas lain layaknya berjalan kaki dan bersepeda di tempat yang rindang, atau bahkan mendaki bukit atau gunung, ternyata juga bisa membantu pikiran kita jauh lebih tenang. Menurut beliau, sentuhan alam bisa mengaktifkan semua indera tubuh kita dan memberikan sinyal pada otak untuk menjadi segar kembali.

Baca Juga:  Apakah Yoga Memang Olahraga Terbaik Untuk Mengatasi Stress?

Jadi, jika di dekat rumah kita ada tempat yang rindang atau setidaknya taman, kita bisa mulai berjalan atau bersepeda ke tempat tersebut dan kemudian duduk di bawah pohon. Dengan menikmati suasana yang hijau, semilir angina, serta suara-suara alam, maka pikiran pun akan jauh lebih tenang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Williams menyarankan kita untuk meninggalkan gadget di rumah.