informasi kesehatan


Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat

            

Doktersehat.com – Sakit kepala sering muncul tiba-tiba tanpa ada gejala sebelumnya. Untuk mengurangi rasa sakit di kepala banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan tanpa memperdulikan efek samping yang akan ditimbulkan. Padahal, ada cara lebih natural untuk mengusir gangguan pada organ tubuh ini. Berikut cara meredakan sakit kepala tanpa mengonsumsi obat:

Terapi Dingin dan Hangatkan Diri
Banyak orang menemukan bahwa beberapa jenis sakit kepala, terutama migrain, merespon baik terhadap rasa dingin. Bungkus beberapa es di kantong kecil atau sayuran beku di handuk kering. Letakkan di atas dahi Anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu lepaskan selama 15 menit.

Rasa hangat juga memiliki kekuatan untuk menghentikan sakit kepala, terutama yang disebabkan ketegangan otot di bagian leher dan bagian belakang kepala. Tempatkan sekantong air hangat di leher dan bagian belakang kepala. Anda juga bisa mandi dengan pancuran air hangat, biarkan air mengalir di bagian belakang leher Anda. Pastikan air tidak terlalu panas karena ini justru menyebabkan ketidaknyamanan bahkan membakar kulit Anda.

“Pilihan kompres panas atau dingin itu tergantung pada preferensi Anda,” kata Jason Rosenberg, MD, direktur Johns Hopkins Headache Center, Bayview, Baltimore. Para ahli masih belum menemukan mengapa terapi ini bisa efektif, namun diduga kompres dingin dapat memperlambat aliran darah dan mengurangi inflamasi. Sementara, kompres panas meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri.

Pijat
Sebuah pijatan lembut bisa membantu menghilangkan rasa sakit kepala. Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok bagian belakang leher, pelipis, kulit kepala dan bahu. Rasa sesak di daerah ini bisa menyebabkan sakit kepala yang Anda alami. Untuk hasil maksimal, Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk memijat Anda. Selain itu, Anda juga dapat merefleksi tangan. Metode ini digunakan untuk penderita gangguan sakit kepala seperti migrain. Caranya, mulai dari satu sisi tangan, dengan menggunakan tangan lain, lakukan tekanan lembut pada ujung-ujung jari. Lakukan pemijatan mulai dari ujung ibu jari lalu ke jari lainnya.

Tidur
Cara ini bisa memberikan fase istirahat dari rasa sakit di kepala Anda. Saat Anda bangun, Anda menemukan bahwa ketidaknyamanan itu telah berkurang. Tidur biasanya sangat membantu untuk migrain. Cari tempat tenang untuk berbaring dan matikan lampu. Jika Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk beristirahat dengan tenang.

Kopi
Diam-diam kafein yang terdapat dalam kopi memiliki manfaat positif. Yaitu, dapat membantu mengatasi rasa sakit kepala dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Teknik relaksasi
Stres dan kecemasan bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Namun dengan latihan relaksasi bisa meringankan hal itu. Cobalah salah satu dari teknik relaksasi ini untuk menghilangkan sakit kepala Anda.

  • Berbarinnglah terlentang di ruang yang gelap dan tenang. Tegangkan otot-otot di kaki, setelah itu biarkan rileks. Lakukan hal yang sama untuk kaki bagian bawah dan paha. Pindahkan semua cara itu ke tubuh Anda, tegangkan dan rilekskan.
  • Anda duduk atau berbaring dalam posisi nyaman, setelah itu tutup mata dan bayangkan diri Anda sedang berada di lingkungan yang menenangkan, seperti padang rumput yang hangat atau pantai yang sepi. Bayangkan angin menerpa kulit Anda dan baunya di sekitar Anda. Meskipun Anda berimajinasi, tarik nafas dalam-dalam dan rasakan udara yang keluar masuk tubuh Anda.

Dari berbagai sumber

pf button both Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

3 Responses to “Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat”

  1. Itis Felton says:

    Dokter, saya sering sakit kepala bila menonton tv terlalu lama, lalu penglihatan perlahan tinggal sebelah, setelahnya akan pulih tp kepala akan sangat sakit. Ada bulatan saat melihat dan bertambah banyak, penglihatan makin buram tp respon thdp cahaya sangat bagus, spt ada semut2 kecil saat melihat. Saya sudah priksa ke dokter, dikasih obat tp tdk ada perubahan. Solusinya dok, dan kira-kira di mana saya dpt konsultasi ke dokter yang ada di mojokerto? Trimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Itis Felton says:

    sudah dokter. Saya cuma dikasih vitamin dan obat tetes tp bulatan tambah banyak, pusing tetap ada

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0