Redakan Kecemasan Anda Dengan 5 Jenis Olahraga Ini

DokterSehat.Com – Kecemasan adalah rasa takut akan sesuatu yang sebenarnya sangat wajar bila anda merasakannya, dalam kemajuan yang sangat pesat belakangan ini, persaingan dalam pencapaian hidup membuat banyak orang mengalami kecemasan berlebih.

15

Umumnya kecemasan ini terjadi karena adanya tekanan, stres, himpitan, ketakutan dan faktor pengalaman yang tak menyenangkan. Hal ini membuat orang menjadi tak percaya diri dan mudah cemas.

Namun ada banyak cara yang menyegarkan untuk mencoba mengurangi kebiasaan cemas tersebut, di antaranya adalah berikut ini :

  • Meditasi
    Pertama, lakukan sebuah meditasi di tempat yang nyaman, udara dan suara memberi Anda rasa yang tenang. Meditasi dilakukan untuk mengembalikan fokus dan perasaan yang mungkin kocar-kacir akibat guncangan tertentu. Kadang kita tak merasa terguncang, namun kita sering kehilangan fokus. Meditasi ini sebaiknya dilakukan pagi dan malam selama seminggu, untuk memelihara pikiran dan perasaan yang rapuh.
  • Teknik pernapasan
    Yang kedua dan bisa Anda lakukan bersama meditasi adalah melatih nafas Anda. Anda bahkan bisa melakukan latihan vokal pada sesi ini. Tujuannya adalah membuat nafas Anda lebih panjang dan teratur. Orang dalam keadaan cemas kadang juga mudah sensitif sehingga perlu dilatih pernafasannya. Tarik nafas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, kemudian hembuskan perlahan. Lakukan hal ini selama 3 kali setiap saat Anda melakukannya.
  • Peregangan otot
    Saat Anda sedang tak dalam posisi untuk melakukan yoga apalagi meditasi, misalnya saat di kantor dan merasa cemas atau emosi, Anda bisa lari sejenak ke toilet atau atap gedung. Ambil waktu dan space untuk meregangkan otot sambil latihan bernafas. Dengan cara ini Anda bisa mengurangi ketegangan terutama yang ada dalam tubuh Anda. Kalau otot Anda rileks, maka akan lebih mudah bagi pikiran untuk kembali ke kondisi optimalnya.
  • Olahraga umum
    Yang jelas memang Anda membutuhkan olahraga fisik. Yang paling sering efektif dan sekarang sedang menjadi tren adalah lari marathon. Lari memang bisa membuat Anda bernafas dan berkeringat lebih banyak. Lakukan olahraga dengan intensitas yang mengikuti mood dan semangat Anda. Tingkatkan sedikit ketika Anda sudah merasa baikan. Dengan demikian Anda akan merasa lebih sehat, lega dan segar.
  • Mecoba olahraga baru
    Setelah semua sesi Anda lakukan, beranikan diri Anda untuk mencoba olahraga baru atau petualangan yang lebih menantang. Metode seperti ini  bisa menantang keberanian sehingga Anda tak mudah cemas apalagi takut. Dengan begitu Anda akan melatih diri Anda lebih optimis, berani dan menggembleng mental untuk selalu siap dengan tantangan.
Baca Juga:  Penyakit Lupus Sama Mengerikannya Dengan HIV

Semua orang merasakan cemas. Kalau Anda berhasil mengatasi kecemasan dengan metode ini, jangan lupa bagikan pada teman lain yang merasakan kecemasan itu. Meski remeh, hal ini bisa memberikan dampak besar bagi kemajuan mereka.