Redakan Batuk Dengan Ramuan Bawang Ini

DokterSehat.Com– Cuaca yang tidak menentu belakangan ini bisa membuat kita lebih mudah untuk terkena penyakit. Salah satunya adalah batuk. Untuk mengatasi batuk yang bisa membuat tenggorokan gatal dan dipenuhi dahak ini, kita bisa mengkonsumsi obat batuk yang tersedia di pasaran. Sayangnya, obat batuk ini cenderung memberikan efek samping berupa munculnya rasa kantuk.

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Jika kita masih ingin melakukan beberapa aktifitas dan tidak ingin terganggu dengan munculnya rasa kantuk ini, ada baiknya kita menggunakan bahan alami seperti bawang untuk meredakan batuk.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bawang merah dan bawang putih memiliki efek ekspektoran atau mengeluarkan dahak, antibiotik, serta anti inflamasi. Berbagai kandungan ini ternyata bisa cepat meredakan batuk. Kandungan antibiotik dan anti inflamasi yang sangat kuat dari bawang merah misalnya, mampu melawan virus dan bakteri yang menjadi penyebab batuk. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Alhasil, tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai penyebab batuk. Sementara itu, di dalam bawang putih, kita bisa menemukan efek antibiotik dan ekspektoran yang mampu menghilangkan kuman pemicu batuk. Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki kemampuan untuk membersihkan saluran pernafasan sekaligus menurunkan peradangan.

Untuk membuat ramuan dari bawang ini, kita hanya perlu mempersiapkan masing-masing dua siung bawang merah dan bawang putih dengan ukuran sedang serta air sebanyak 500 ml. Saat air didihkan dengan api dengan ukuran sedang, kita tinggal menambahkan irisan bawang putih dan bawang merah. Biarkan hingga 2-3 menit dan kemudian matikan api. Saring ramuan ini dan kita pun tinggal meminumnya tiga kali dalam sehari hingga batuk mereda tanpa perlu mendapatkan efek samping apapun.