Rasa Sakit Pada Pusar Seperti Ini, Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

doktersehat-selulit-perut-buncit-sindrom-cushing

DokterSehat.Com– Pusar adalah salah satu bagian tubuh yang paling jarang kita perhatikan kesehatannya. Seringkali kita bahkan membiarkannya tetap kotor hingga berwarna keputihan. Hanya saja jika pusar sudah terasa sakit, ada baiknya kita mewaspadai adanya penyakit berbahaya seperti sebagai berikut.

Crohn
Penyakit ini menyerang usus kecil atau usus besar. Salah satu gejala dari penyakit crohn adalah munculnya rasa sakit di balik pusar yang terasa seperti kram perut yang bertahan selama 20 hingga 30 menit setelah menyantap makanan. Selain itu, kita juga akan mengalami gejala lain seperti diare parah, kelelahan kronis, dan penurunan berat badan yang drastis.

Struktur umbilis
Ada sebagian orang yang mengalami masalah pusar bodong atau yang disebut sebagai hernia umbilikalis. Biasanya, kondisi ini akan berakhir setelah usia seseorang mencapai 5 tahun. Namun, ada 10 persen dari orang yang mengalami kondisi ini terus memiliki pusar bodong seumur hidupnya. Yang menjadi masalah adalah, bagian pusar yang bodong ini seringkai tidak mendapatkan asupan darah dan nutrisi yang cukup sehingga beresiko mengalami kematian jaringan dan infeksi.

Jika rasa sakit pada pusar disertai dengan sulitnya menekan bagian pusar yang menonjol, ada baiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Gangguan pada saluran pencernaan
Jika bagian atas mengalaim sensasi tidak nyaman, maka dikhawatirkan kita sedang mengidap gangguan pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang higienis, konsumsi makanan terlalu cepat, dan masalah pencernaan lainnya.

Radang usus buntu
Tak hanya memicu rasa sakit pada perut bawah bagian kanan, pakar kesehatan menyebut radang usus buntu juga menimbulkan gejala seperti rasa sakit di sekitar pusar. Gejala lain dari penyakit ini adalah mual-mual dan muntah, diare, demam, gangguan nafsu makan, hingga konstipasi.