Rasa Nyeri Karena Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Bisa Diatasi Dengan Tips Berikut

DokterSehat.Com – Berbeda dengan gigi-gigi lainnya, gigi geraham bungsu biasanya baru tumbuh pada akhir usia remaja atau saat usia dua puluh tahunan. Biasanya, tumbuhnya gigi geraham ini juga memicu rasa nyeri yang tentu akan membuat rasa tidak nyaman dan cukup mengganggu aktifitas. Banyak orang yang bahkan pada akhirnya memilih untuk mencabut geraham bungsu ini karena dikhawatirkan bisa mengganggu struktur gigi yang sudah ada. Namun, sebelum kita berkonsultasi ke dokter untuk menangani gigi geraham bungsu ini, kita bisa meredakan rasa nyeri karena tumbuhnya gigi ini dengan cara-cara berikut.

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Berkumur dengan air garam
Pakar kesehatan menyarankan kita berkumur dengan air garam saat gigi geraham bungsu mulai menimbulkan rasa nyeri. Air garam sendiri dipercaya mampu meredakan inflamasi dan membuat kita lebih baik dalam mencegah infeksi. Cukup dengan melakukannya selama 30 detik sebanyak empat kali dala sehari, maka rasa nyeri pun akan mereda.

Mengunyah irisan jahe
Jahe dikenal sebagai bahan alami yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga dianggap mampu untuk mengatasi dan mencegah sakit gigi. Saat rasa nyeri karena gigi geraham bungsu ini muncul, kita bisa mengunyah irisan jahe selama 10 menit. Memang, rasa dari irisan jahe ini cenderung pedas dan menyengat, namun, rasa nyeri pada geraham bungsu pun akan cepat mereda.

Berkumur dengan cuka apel
Dengan berkumur menggunakan cuka apel selama 30 detik, maka kita akan lebih baik dalam mengatasi inflamasi dan mencegah bakteri semakin menyebar pada mulut. Hanya saja, pastikan untuk berkumur dengan air bersih setelah menggunakannya.

Kompres dengan es batu
Dalam beberapa kasus, nyeri karena tumbuhnya gigi geraham bungsu ini bisa memicu pembengkakan. Untuk mengatasinya, kita sebaiknya mengompres pipi dengan es batu. Es bisa kita letakkan di dalam plastik atau kain sebelum kita kompreskan ke pipi yang membengkak.