Rasa Ngilu Karena Sensitivitas Gigi

DokterSehat.com – Pernahkah anda mengalami rasa ngilu yang sangat menyiksa saat anda memakan makanan atau minuman yang panas atau dingin? Jika iya, bisa jadi anda ternyata mengalami ngilu pda gigi ini. Gigi adalah organ tubuh yang sangat sensitif, namun gigi sendiri memiliki gigi yang normal dan gigi yang sensitif. Pada gigi yang sensitif inilah sering terjadi rasa ngilu pada gigi.



Masalah gigi sensitif sendiri disebabkan karena adanya penipisan pada enamel gigi, penurunan gusi dan juga terbukanya dentin gigi. Nyeri pada gigi berhubungan dengan sensitifitas yang terjadi pada saraf gigi. Rasa ngilu ini bisa sangat tajam namun singkat. Namun, banyak yang mengabaikan rasa ngilu ini sehingga cenderung tidak didiagnosa dengan baik.

Gigi menjadi lebih sensitif karena pembentukan lapisan email gigi tidak terbentuk sempurna, namun, penyebab lainnya adalah adanya sisa-sisa makanan yang menumpuk pada sela-sela gigi dan berada pada posisi yang sulit untuk dijangkau sikat gigi. Sisa-sisa makanan tersebut sulit dibersihkan hingga akan semakin menumpuk dan pada akhirnya menekan gigi. Penyebab lainnya adalah terkikisnya email pada gigi, penurunan gusi. Namun kurangnya penjagaan kesehatan gigi dan mulut seperti cara penyikatan gigi yang terlalu kuat, pemakaian pemutih permukaan gigi, dan kebiasaan mengkonsumsi asupan bersifat asam juga dapat menjadi pemicu sensitifas gigi.

Ada baiknya kita mulai mengurangi tekanan kuat saat menggosok gigi dan juga menggunakan pasta gigi yang mengandung potassium nitrat dan strontinum chloride dan dengan sikat gigi berbulu halus. Penderita gigi sensitif juga tidak disarankan untuk menunda menyikat gigi setidaknya sekitar 25 menit hingga 30 menit setelah makan sebagai pemeliharaan agar gigi anda menjadi lebih baik.