Rasa Lelah Tidak Selalu Karena Gejala Penyakit

DokterSehat.Com – Beberapa orang menganggap jika rasa lelah yang melanda hampir setiap hari adalah sebuah gejala dari adanya penyakit yang akan tiba. Sebagai contoh, jika kita akan terkena flu, maka badan pun akan terasa jauh lebih lesu dengan kepala yang cenderung jauh lebih berat setiap hari sehingga berbagai aktifitas pun akan kurang maksimal kita lakukan. Sayangnya, pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika gejala penyakit adalah salah satu dari penyebab rasa lelah yang terus-terusan melanda tubuh. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Pakar kesehatan menyebutkan jika rasa lemas justru kerap kali terjadi karena tubuh mengeluarkan energi yang terlalu banyak. Beberapa orang yang tidak terbiasa berlari tiba-tiba mengikuti lomba marathon adalah contoh yang paling mudah kita mengerti. Tubuh tentu akan langsung terasa lemah dan lesu dan bahkan bisa bertahan hingga beberapa hari. Untuk mengatasi rasa lelah yang datang karena penggunaan energi yang berlebihan ini, maka waktu istirahat pun haruslah cukup dan diiringi dengan konsumsi makanan bergizi setiap hari dan juga air putih yang banyak.

Beberapa gangguan kesehatan juga bisa melanda tubuh yang pada akhirnya ikut memicu rasa lemah dan lesu dalam waktu yang lama. Seseorang bisa mengalami masalah hormon tiroid yang rendah atau hipotiroid dan juga masalah hormon tiroid yang tinggi atau hipertiroid dimana keduanya akan memicu rasa lemah dan lesu yang cukup lama. Selain itu otot-otot yang cenderung mengalami rasa lemas atau bahkan kehilangan kekuatan juga bisa disebabkan oleh masalah pada saraf yang disebabkan oleh sindrom guillan-barre atau myasthenia gravis. Infeksi, khususnya yang terjadi pada saluran kemih atau pernafasan juga bisa memicu rasa lemas ini selain adanya gangguan kekurangan asupan kalium dan natrium secara signifikan.

Baca Juga:  Usus Bayi Bisa Semakin Sehat Jika Kerap Disusui

Satu hal yang pasti, jika anda sudah sebisa mungkin beristirahat dan memenuhi asupan gizi seimbang setiap hari namun tetap merasa lemah, jangan ragu untuk sesegera mungkin memeriksakan kondisi tubuh ke dokter sehingga jika terjadi adanya penyakit atau gangguan kesehatan pun akan bisa segera disembuhkan.