Rasa Kesepian Bisa Merugikan Diri Anda Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

DokterSehat.Com – Memang ada waktunya seseorang merasa butuh waktu untuk sendirian di tempat yang sunyi, entah itu untuk menyalurkan hobi seperti membaca buku, atau supaya bisa berpikir dengan jernih. Tetapi menghabiskan terlalu banyak waktu sendiri dapat menimbulkan rasa kesepian. Dan rasa kesepian bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental maupun fisik Anda. Kabar baiknya, Anda bisa menghindarinya dengan cara mengatasi kesepian ini.

doktersehat-gangguan-kecemasan-kepribadian-menghindar

Penyebab
Kesendirian dan kesepian bukanlah dua hal yang sama. Dari segi pengertian menurut kamus, kesendirian memaksudkan situasi saat seseorang tidak berinteraksi dengan orang lain atas keinginannya sendiri. Sedangkan kata kesepian seringkali menyiratkan rasa keterasingan yang dibarengi dengan keinginan yang besar untuk memiliki teman.

Bisa disimpulkan, kesendirian bisa jadi situasi yang menyenangkan dan bermanfaat. Misalnya ketika Anda memang butuh waktu untuk menenangkan diri atau merenung. Namun sebaliknya, kesepian merupakan bentuk perasaan yang menyakitkan. Apa yang jadi penyebab kesepian?

  • Hubungan tanpa emosi
    Teknologi seakan sudah menggantikan keinginan orang-orang untuk saling bertemu dan bercakap-cakap. Banyak orang merasa sudah cukup berkomunikasi hanya dengan mengirim SMS atau chatting dan malas untuk bertemu langsung. Namun, hubungan komunikasi yang tanpa emosi tersebut justru bisa membuat Anda semakin kesepian.
  • Berpindah-pindah rumah
    Krisis ekonomi telah memaksa banyak orang untuk pindah tempat tinggal akibat pindah pekerjaan. Karena pindah pekerjaan, mereka terpaksa harus meninggalkan sekolah, tetangga, sahabat, dan bahkan keluarga mereka. Keadaan lebih parah harus dirasakan mereka yang pindah ke tempat yang berbeda bahasa, budaya, dan iklim. Seringkali mereka sulit menyesuaikan diri dan tidak punya teman akrab.
  • Kematian orang yang dicintai
    Kematian seorang teman hidup meninggalkan luka dan perasaan hampa yang mendalam bagi pasangan hidupnya, terlebih apabila mereka sudah hidup bersama untuk waktu yang lama. Perasaan kesepian yang kuat akan sering muncul.
  • Kelajangan yang terpaksa
    Rasa kesepian kadang kala dialami oleh mereka yang belum menikah karena belum menemukan pasangan yang cocok. Perasaaan kesepian bisa semakin kuat ketika ada yang mengajukan pertanyaan yang kedengarannya menyakitkan, misalnya kenapa kamu belum menikah juga?
  • Usia muda
    Tidak sedikit anak remaja yang mengaku merasa kesepian. Banyak dari mereka yang ketagihan hiburan yang bisa dilakukan sendirian, misalnya bermain game elektronik, menghabiskan berjam-jam untuk surfing di internet, atau menonton TV. Karena keseringan menghabiskan waktu sendirian, mereka tidak punya teman akrab dan kerap merasa kesepian.
  • Usia tua
    Para lansia mungkin sering kesepian, meskipun anggota keluarganya tidak mengabaikan mereka. Kerabat dan sahabat mereka mungkin datang berkunjung di waktu-waktu tertentu, namun ada waktu-waktu lain adakalanya berhari-hari bahkan berminggu-minggu ketika tidak ada satupun yang mengunjunginya.
Baca Juga:  Manfaat Kesehatan Wanita Tanpa Bra

Siapapun dapat mengalami kesepian, dan tampaknya problem ini semakin banyak dirasakan bahkan oleh orang-orang yang kelihatannya punya banyak teman.

Bagaimana caranya kesepian bisa diatasi?

  • Bedakan antara kesepian dan kesendirian
    Kesepian berarti Anda tidak bahagia saat sendiri. Kesendirian berarti Anda bahagia saat sendiri. Tidak ada yang salah dengan kesendirian. Pun kalau Anda menginginkannya atau menikmatinya. Waktu yang Anda luangkan dengan diri sendiri bisa bermanfaat dan menawarkan kenikmatan tersendiri.
  • Perbaiki diri sendiri, dan berbahagialah
    Biasanya, ketika mencurahkan sebagian besar waktu untuk orang lain, kita cenderung mengabaikan diri sendiri. Kalau Anda sedang mengalami kesepian, manfaatkan periode itu dengan melakukan hal-hal yang Anda ingin lakukan untuk diri sendiri. Ini kesempatan berharga, dan Anda mestinya bisa bahagia!
  • Pertimbangkan bergabung dengan gim
    Berolahraga dan merawat tubuh kita biasanya kebutuhan pertama yang disisihkan ketika kita sibuk. Kalau sedikit sekali waktu yang Anda habiskan bersama orang lain, coba gunakan waktu itu untuk berolahraga. Dengan berolahraga di gim, Anda bisa saja memperoleh teman baru atau berkenalan dengan seseorang yang istimewa!
  • Pelajari keahlian baru
    Kalau Anda ingin memanfaatkan saat-saat seperti ini dengan maksimal sekaligus merasa senang melakukannya, pertimbangkan keahlian baru. Anda bisa belajar memainkan alat musik, menggambar, atau berdansa. Kalau Anda belajar dengan orang lain, selain bertemu orang-orang baru, Anda juga akan memperoleh penyaluran perasaan secara kreatif. Ubah kesepian itu jadi sesuatu yang indah!
  • Lakukan sesuatu yang besar
    Kebanyakan orang punya sesuatu yang benar-benar besar yang ingin dilakukannya sekaligus seribu alasan untuk tidak melakukannya. Pernahkah Anda ingin menulis buku? Membuat film? Gunakan kesepian sebagai alasan untuk melakukan sesuatu yang hebat. Siapa tahu, mungkin malah berubah jadi sesuatu yang membantu orang lain menghadapi kesepian yang mereka rasakan.