Rasa Cemas Yang berlebihan

Selamat Siang Team Dokter Sehat,



Perkenalkan nama saya Rinto, apakah benar anxietas atau rasa cemas yang berlebihan bisa sembuh? Apa benar obat golongan SSRI tidak bikin ketagihan?  Di RS Pelabuhan Ratu ada dokter psikiaternya tidak? Terimakasih sebelumnya atas jawabannya

Jawab:

Bapak/Ibu Rinto yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan Dokter Sehat sebelumnya.  Ansietas atau rasa cemas bisa sembuh, karena pengobatannya meliputi ketiga aspek yang mempengaruhi kejiwaan seseorang. Pendekatan biologis, psikologis dan sosial (termasuk spiritual) adalah hal yang tidak bisa dilepaskan pada pengobatan pasien. Cepat tidaknya kesembuhan cemas tiap pasien berbeda-beda, bergantung dari ketiga aspek yang mempengaruhinya.

Serotonin Selective Reuptake Inhibitor (SSRI) adalah obat yang digunakan untuk kasus depresi, namun juga efektif digunakan untuk pengobatan anti cemas. Selain itu SSRI relatif lebih aman dibandingkan dengan obat anticemas golongan benzodiazepine (obat penenang), dalam hal toleransi (dosis yang semakin meningkat) dan ketergantungan.

Sejauh ini saya belum menemukan psikiater di daerah tersebut. Mungkin akan lebih baik jika bapak/ibu bisa menghubungi langsung rumah sakit terkemuka di daerah tersebut.

Oleh

Dr. Mira Della Masali, S.Ked
Team DokterSehat.com