Rasa Bosan Juga Bisa Memicu Konsumsi Makanan Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cara menjaga pola makan kita dengan sehat dan memilih bahan makanan dengan gizi yang seimbang. Sayangnya, masih banyak dari kita yang masih mengkonsumsi beberapa makanan tidak sehat, khususnya mengkonsumsi camilan yang biasanya kaya akan gula, kolesterol, atau bahkan msg. Khusus untuk camilan, banyak orang yang mengakui jika kadangkala mereka sulit untuk berhenti mengkonsumsi camilan-camilan tidak sehat dengan alasan rasa camilan yang enak, atau bahkan karena merasa bosan saja. Bahkan, meskipun perut sebenarnya sudah merasa kenyang, camilan ini akan terus dikunyah.

doktersehat-keripik-soda

Sebuah penelitian yang dirilis oleh British Psychological Society menunjukkan fakta bahwa sebagian besar orang mengkonsumsi camilan yang tidak sehat justru karena mereka bosan dan bingung ingin melakukan apa. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan dua tahap dimana pada percobaan pertama, partisipan diminta untuk mengisi kuesioner tentang berbagai jenis makanan yang akan mereka pilih pada waktu sebelum dan juga setelah melakukan beberapa tugas yang cenderung sama dan membosankan. Penelitian tahap kedua dilakukan pada 45 orang partisipan yang ditawari dua jenis camilan; yang sehat dan tidak sehat di saat mereka menonton video membosankan dan kemudian video lucu.

Dari kedua eksperimen ini, ditemukan fakta bahwa mereka yang melakukan beberapa tugas yang cenderung berulang dan membosankan akan memilih camilan yang tidak sehat. Tercatat, keripik, makanan cepat saji, dan makanan manis mendominasi pilihan pada kuesioner yang diisi partisipan. Sementara itu, saat menonton video yang membosankan, maka para partisipan pun cenderung memilih camilan yang tidak sehat.

Salah satu pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Sandi Mann, berkata jika rasa bosan ternyata berkaitan erat dengan rendahnya kadar dopamin dalam tubuh sehingga tanpa disadari, tubuh akan mencoba mencari kebahagiaan lain dengan mengkonsumsi makanan yang enak, yang sayangnya seringkali berupa camilan yang tidak sehat. Penelitian ini sendiri bisa menjadi patokan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan atau berhenti mengkonsumsi makanan tidak sehat dimana kuncinya adalah dengan tetap menjaga diri agar tidak mudah bosan.