Rambut Rontok Yang Berlebihan

DokterSehat.Com – Disamping dianggap sebagai salah satu masalah yang cukup mengganggu, rambut rontok juga menyebabkan kecemasan bagi banyak orang mengingat hampir semua orang tentu tidak ingin mendapatkan masalah kebotakan sedini mungkin. Sayangnya, sebagian orang justru mendapat masalah kerontokan rambut yang sangat berlebihan dimana dalam sehari mereka bisa kehilangan puluhan atau bahkan ratusan helai rambut. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, rambut tentu akan semakin menipis dan juga habis, bukan? Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Pertumbuhan rambut setiap orang biasanya berbeda-beda karena hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut setiap orang juga berbeda. Namun, rata-rata setidaknya rambut akan tumbuh sekitar 3 cm untuk setiap bulannya. Yang menjadi masalah adalah, jika hormon pertumbuhan yang disebut dengan hormon androgen ini mengalami gangguan, maka pertumbuhan rambut pun akan jauh menurun dan bahkan menyebabkan kerontokan yang sangat berlebihan. Disamping hormon androgen ini, rambut juga bisa mengalami masalah jika hormon estrogen juga mengalami gangguan. Hormon estrogen bisa menyebabkan tiroid menjadi terlalu aktif atau bahkan tidak beraktifitas sama sekali sehingga membuat rambut menjadi mudah rontok dalam jumlah yang berlebihan.

Disamping gangguan hormon, rambut juga bisa mudah rontok jika kulit kepala mengalami infeksi, khususnya yang disebabkan oleh jamur. Biasanya, shampoo khusus yang bisa menghilangkan jamur penyebab infeksi kulit kepala bisa menjadi solusi untuk menghentikan kerontokan rambut. Disamping itu, beberapa orang yang melakukan diet ketat juga berpotensi membuat rambut kekurangan nutrisi sehingga mudah mengalami kerontokan. Anda tentu harus mengecek apakah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan juga rambut tetap cukup meskipun anda melakukan diet demi menguruskan berat badan. Kerontokan rambut juga kerap disebabkan oleh gangguan kejiwaan atau emosi seseorang. Biasanya, orang yang cenderung stress juga disertai dengan kerontokan rambut yang berlebihan.

Baca Juga:  Mengenal Alergi Makanan

Mengatasi kerontokan rambut bisa dilakukan dengan membeli shampoo khusus yang memiliki nutrisi yang membuat rambut kuat dari kulit kepala, akar rambut, dan batang rambut itu sendiri. Andai shampoo tersebut tidak bisa menjawab masalah kerontokan anda, ada baiknya anda juga memeriksakan kondisi ini ke dokter sehingga anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk menghentikan kerontokan.