Rambut Rontok Saat Hamil, Kenapa?

DokterSehat.Com – Masalah rambut kering, kusut, dan rontok seringkali dialami wanita hamil. Dan, tak menutup kemungkinan masalah ini akan berlangsung hingga pascapersalinan. Helai demi helai rambut lama kelamaan mulai menipis, tidak lagi lebat dan seindah dulu.

12

Anda sebagai calon ibu mulai bertanya-tanya, apa yang sedang terjadi? Perubahan hormonal membuat rambut ibu hamil mudah rontok. Namun tidak perlu cemas, karena rambut dapat tumbuh kembali bahkan sebelum ibu melahirkan.

Selama masa kehamilan, Dr Manny Alvarez mengatakan, fungsi kelenjar tiroid berkurang mengakibatkan rambut mudah rontok. Manny menyarankan agar Anda segera ke dokter agar masalah teratasi dengan pemberian obat-obatan.

Manny, pakar kesehatan dari situs Fox News menjelaskan, kekurangan mineral dan vitamin pun menyebabkan rambut mudah rontok. Karena selama hamil rentan kekurangan zat besi, potensi mengalami kerontokan juga makin besar. Maka itu, konsumsi makanan atau suplemen supaya zat besi tercukupi.

Selama kehamilan, lanjut Manny, tak sedikit yang kekurangan vitamin B kompleks. Nutrisi ini penting untuk menjaga pertumbuhan sel, dan membuat rambut tumbuh sehat.

Ada makanan juga yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, meski pun tidak terlalu pasti dapat bekerja maksimal. Misalnya ubi jalar yang penuh karoteins. Kacang Prancis yang tinggi vitamin A dan B, serta bawang putih dan tomat, jelas Manny dikutip dari situs Fox News, Selasa (14/4/2015).

Rambut rontok memang rentan dialami ibu hamil. Maka itu, periksa ke dokter kulit untuk memastikan faktor apa yang membuat kondisi itu sampai terjadi. Mungkin ada faktor lain, yang membuat ibu perlu hati-hati.