Rambut Masih Basah? Jangan Tidur Dulu

DokterSehat.Com – Setelah melakukan berbagai macam kegiatan atau karena baru saja hujan-hujanan selama perjalanan pulang ke rumah, maka banyak orang yang segera berkeramas di malam hari. Memang, dengan berkeramas, tubuh akan menjadi lebih segar dan lebih bersih sehingga kita bisa mendapatkan waktu tidur yang nyenyak. Namun, ada baiknya kita tidak segera tidur andai kondisi rambut kita masih basah. Ada kerugian yang bisa kita dapatkan andai kita segera melakukannya seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Andai kita segera tertidur dengan kondisi rambut masih basah, maka dikhawatirkan rambut kita akan menjadi lebih kusut dan jelek saat terbangun di pagi hari. Banyak orang yang mengeluhkan rambutnya sulit untuk ditata gara-gara mereka tertidur dengan kondisi rambut masih basah.

Pakar kecantikan rambut dari California, Amerika Serikat, bernama Olga Gilbert, menyebutkan jika tidur dengan rambut masih dalam kondisi basah juga akan membuat rambut kita lebih rapuh dan kehilangan kekuatannya. Memang, hal ini tidak akan secara langsung merusak bagian folikel rambut. Namun, kondisi basah memang membuat rambut cenderung lebih lemah dan andai kita cukup banyak bergerak dan menggesek-gesek rambut dengan bantal, dikhawatirkan rambut akan menjadi mudah patah.

Kerugian lain yang bisa kita dapatkan andai kita tidur dengan kondisi rambut basah adalah kita bisa mengalami penurunan daya tahan tubuh, apalagi jika kondisi suhu udara cukup dingin. Kondisi kepala yang basah dan dingin ternyata bisa membuat virus-virus pemicu masalah kesehatan mudah untuk memasuki tubuh kita.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk bersantai terlebih dahulu untuk menunggu rambut mengering. Kita bisa menikmati teh hangat yang tentu akan membuat badan terasa lebih nyaman sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika memang sudah sangat mengantuk, kita bisa memakai hair dryer untuk segera mengeringkan rambut. Hanya saja, penggunaan hair dryer terlalu sering juga akan kurang baik bagi kesehatan rambut kita.