Cara Mengatasi Rambut Bercabang

DokterSehat.Com – Rambut kerap dianggap sebagai mahkota bagi manusia, khususnya bagi kaum wanita. Dengan rambut yang sehat dan cantik, maka kepercayaan diri pun menjadi meningkat. Sayangnya, rambut bisa mengalami banyak masalah meskipun sudah dirawat dengan seksama. Salah satu masalah rambut yang kerap muncul adalah rambut bercabang. Rambut yang sehat biasanya akan tumbuh dari akar hingga ujungnya tanpa adanya cabang apapun, namun, rambut yang tidak sehat bisa bercabang dan membuat rambut cenderung kering sehingga akan membuat rambut menjadi tidak rapi.

doktersehat-kesehatan-rambut

Banyak sekali penyebab masalah rambut bercabang. Sering sekali rambut bercabang disebabkan oleh kesalahan pemilihan produk shampoo atau perawatan rambut lainnya. Kadang kala, rambut bercabang juga bisa disebabkan karena penderitanya kurang rajin melakukan keramas. Disamping karena faktor perawatan yang kurang baik, rambut yang cenderung kekurangan asupan nutrisi karena penderitanya kurang memakan banyak makanan yang bergizi bagi rambut juga bisa menjadi penyebab masalah rambut bercabang.

Untuk mengatasi masalah rambut bercabang, kita bisa melakukan pemotongan rambut. Rambut biasanya mengalami percabangan pada area ujungnya sehingga dengan melakukan pemotongan rambut, maka cabang-cabang tersebut bisa langsung dihilangkan. Setelah dipotong, maka ada baiknya kita memotong rambut secara berkala, setidaknya dua bulan sekali. Trik ini diyakini dapat menghindarkan masalah rambut bercabang dan membuat rambut tidak mudah bercabang. Disamping itu, pemilihan shampoo atau kondisioner khusus yang mengatasi masalah rambut bercabang, khususnya yang terbuat dari bahan alami atau hanya mengandung sedikit bahan kimia diyakini bisa membuat masalah rambut ini bisa diatasi.

Selain trik di atas, ada baiknya kita tidak melakukan aktivitas yang merusak rambut layaknya smoothing atau rebonding karena rambut beresiko akan lebih mudah stress dan mudah rusak. Biarkan rambut anda dalam kondisi yang paling alami dan dengan perawatan yang baik, maka rambut pun akan sehat tanpa masalah rambut bercabang.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Menjaga Kebersihan Telinga Itu Penting