Rambut Basah Setelah Kehujanan Bisa Menyebabkan Sakit?

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berkata jika baju boleh saja basah atau celana boleh saja kotor karena hujan asalkan rambut tidak sampai basah. Sebisa mungkin rambut atau kepala dijaga agar tidak terkena air hujan karena jika sampai basah, bisa jadi kita akan sakit pilek atau flu. Apakah memang rambut basah karena kehujanan bisa menyebabkan kedua masalah kesehatan tersebut?

doktersehat-sakit-hujan-flu

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini ternyata tidak benar adanya. Flu atau pilek hanya akan terjadi karena virus, bukan karena rambut yang basah setelah kehujanan. Hal ini berarti, jika kita kehujanan hingga rambut basah, kita hanya akan merasa tidak nyaman atau kedinginan.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa bersantai dan membiarkan kepala kita basah. Cuaca yang dingin ternyata bisa membuat tubuh menjadi stress dan dalam kasus yang jarang terjadi, bisa menyebabkan kondisi hipotermia atau menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa virus layaknya rhinovirus yang bisa memicu flu bisa berkembang biak dalam suhu yang lebih rendah layaknya saat musim hujan seperti sekarang ini.

Meskipun begitu, dr. Pritish Tosh menyebutkan bahwa rambut yang basah setelah kehujanan memang tidak akan menyebabkan pilek atau flu. Justru, kebiasaan kita yang malas mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau melakukan aktifitas lainnya bisa menjadi pemicu penyakit ini.