Rajin Makan Tempe Bisa Membuat Awet Muda

DokterSehat.Com– Tempe termasuk dalam makanan yang disukai oleh banyak orang di Indonesia. Bagaimana tidak, harganya cenderung murah, mudah diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, tingginya kadar gizi di dalamnya membuatnya kerap dijadikan lauk makanan sehari-hari. Sudah menjadi rahasia umum jika makan tempe bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan, tempe juga disebut-sebut bisa membuat kita awet muda.



Pakar kesehatan dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK menyebutkan bahwa tempe dan makanan hasil fermentasi lainnya layaknya tape atau minuman probiotik seperti yoghurt bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kecantikan. Mengkonsumsi makanan atau minuman fermentasi bisa membuat saluran pencernaan menjadi semakin sehat. Selain itu, makanan dan minuman ini juga bisa berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker, serta menghambat penuaan.

Makanan dan minuman fermentasi juga kaya akan asam amino esensial, enzim dan vitamin yang baik bagi kesehatan, serta meningkatkan bioavailabilitas mineral dalam tubuh. Hal ini ternyata berperan besar bagi lancarnya proses regenerasi pada sel-sel yang membuat berbagai organ tubuh dan kulit selalu awet muda.

Hanya saja, bukan berarti kita hanya bisa mengandalkan makanan atau minuman fermentasi layaknya tempe, tape, dan yoghurt saja jika ingin tetap sehat dan cantik. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, berolahraga dengan teratur, tidur yang cukup, serta menghindari gaya hidup tidak sehat layaknya merokok dan mengkonsumsi alkohol agar tetap awet muda.