Rajin Berkebun Membuat Kita Panjang Umur

DokterSehat.Com – Salah satu kegiatan yang cukup diminati oleh banyak orang untuk dilakukan di akhir pekan adalah dengan berkebun. Dengan menyibukkan diri di pekarangan atau kebun, kita bisa mendapatkan manfaat yang setara dengan berolahraga. Bagaimana tidak, hampir semua anggota badan kita akan aktif untuk merawat berbagai macam tanaman. Selain itu, keringat juga bisa dengan deras mengucur di sekujur badan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berkebun akan membuat kita lebih baik dalam mencegah penyakit Alzheimer, penuaan dini, hingga menurunkan resiko mati muda. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Untuk mencegah berbagai masalah kesehatan tersebut, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam, menghindari stress, pola makan yang sehat, dan rutin melakukan olahraga. Dengan rutin berkebun, meskipun itu hanya di akhir pekan saja, kita sebenarnya sudah melakukan aktifitas fisik layaknya berolahraga. Satu keuntungan lain yang bisa didapatkan saat berkebun adalah kemampuannya dalam meredakan stress yang bisa saja kita dapatkan dari berbagai masalah dan tekanan di hari kerja.

Dr. Ross Cameron yang berasal dari Sheffield University, berkata bahwa dengan berkebun atau bercengkerama dengan alam, maka pikiran akan jauh lebih fokus dan lebih nyaman. Selain itu, menangani tanaman yang membutuhkan kesabaran ternyata bisa melatih otak dan pikiran kita untuk menjadi pribadi yang lebih tenang, tidak mudah tersinggung, dan lebih sabar. Dengan kesehatan psikis yang jauh lebih baik, kita pun akan panjang umur dan lebih baik dalam mencegah penuaan dini.

Tak perlu harus memiliki taman atau pekarangan luas untuk berkebun. Adanya perkembangan teknologi memungkinkan kita berkebun di lahan-lahan sempit di atap, halaman kecil, atau bahkan depan rumah yang berukuran kecil hanya dengan memakai pot atau pipa paralon. Jadi, apakah anda berminat untuk mulai berkebun mulai akhir pekan ini?