Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, Meninggal Dunia Karena Sakit

DokterSehat.Com – Negeri Gajah Putih Sedang dirundung duka, raja Bhumibol Adulyadej yang dikenal luas sebagai pribadi yang cinta damai dan telah memimpin kerajaan selama 70 tahun ini meninggal dunia pada 13 Oktober 2016 pukul 15:52 kemarin. Diketahui, sang raja meninggal d rumah sakit Siriraj di ibukota Bangkok pada usia 88 tahun. Pihak istana kerajaan sendiri yang mengumumkan berita duka ini dan meskipun tidak memberikan konfirmasi apa penyebab dari meninggalnya sang raja, banyak pihak yang meyakini jika sang raja mengalami sakit keras hingga akhirnya meninggal dunia.

doktersehat-bhumibol-adulyadej-thailand-king

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, pihak Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand memang sudah mengumumkan jika kondisi kesehatan sang raja memang menurun drastis dalam beberapa hari terakhir sehingga harus dirawat di rumah sakit. Beliau mengalami berbagai macam komplikasi layaknya di organ paru-paru, ginjal, hingga adanya carian di dalam otaknya. Hanya saja, banyak media yang berkata jika masalah gagal ginjal-lah yang menjadi pemicu utama mengapa sang raja meninggal dunia. Meskipun para dokter sudah melakukan terapi Continuous Renal Replacement atau terapi pengganti ginjal berkesinambungan, nyawa sang raja sudah tak bisa ditolong kembali.

Gagal ginjal sendiri adalah sebuah kondisi dimana fungsi ginjal menurun drastis sehingga tidak lagi mampu melakukan pekerjaan layaknya membersihkan darah, menjaga keseimbangan berbagai mineral dalam tubuh, dan memproduksi berbagai hormone yang sangat penting bagi tekanan darah dan produksi sel darah merah. Ada banyak sekali pemicu dari masalah gagal ginjal ini, dari penyakit hipertensi, diabetes, penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga karena obat-obatan tertentu.

Dalam 10 tahun terakhir, kondisi kesehatan sang raja memang sudah semakin menurun, bahkan, dalam dua tahun terkini, beliau sudah dibebastugaskan dari berbagai tugas kenegaraan demi berkonsentrasi pada kesehatan tubuhnya. Dengan adanya kabar ini, diperkirakan posisi Raja Bhumibol akan digantikan oleh sang putra mahkota Pangeran Vajiralongkorn yang kini sudah berusia 64 tahun, satu-satunya putra dari pernikahan raja Bhumibol dengan Ratu Sirikit.

Baca Juga:  Menopause Dini Bisa Menimpa Wanita Perokok

Photo Source: Bangkok Post