Rahasia Rumput Laut Untuk Diet

DokterSehat.Com – Sejumlah pakar mengatakan bahwa rumput laut meruapakan salah satu cara penurunan berat badan yang sangat penting. Komponen lginat yang terdapat di dalam rumput laut ternyata mampu untuk menekan proses pencernaan lemak dalam usus, hal tersebut di katakana oleh seorng ilmuan di Universitas Newcastle.



Hasil riset yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry tunjukkan bahwasanya satu diantara jenis alginat bisa menurunkan penyerapan lemak sampai 75%.

Walau tidak dikira untuk makanan yang cukup lezat, ahli mengisyaratkan bahwasanya serat alami yang ditemukan dalam rumput laut dapat menjadi kunci kesuksesan penurunan berat tubuh.

Ketua riset, Prof Jeff Pearson, dari Institut Bioteknologi Sel serta Molekuler, Kampus Newcastle, menyampaikan : Kami mencoba memberikan alginat pada roti, serta tes awal tunjukkan rasa yang benar-benar menggembirakan.

Atasi obesitas?

Saat ini tahap selanjutnya yaitu lakukan uji klinis untuk tahu seberapa efisien alginat apabila dimakan untuk sisi dari diet yang normal.

Peneliti dalam eksperimen ini menyelidiki kekuatan alginat untuk mengurangi lemak yang diurai oleh oleh enzim pencernaan, lipase pankreas.

Makin sedikit enzim ini bekerja, penyerapan lemak akan jadi lebih sedikit.

Sesaat itu, mereka menyampaikan hal semacam ini dapat menolong melawan obesitas, pakar diet yang lain menyampaikan langkah paling baik untuk menghindari penyerapan lemak yang terlampau banyak yaitu dengan terus mengurangi jumlah konsumsi lemak setiap hari.

Obesitas jadi ancaman yang semakin besar terlebih di negara-negara berkembang, kata laporan suatu instansi penelitian di Inggris.