Rahasia Meningkatkan Kecerdasan Balita

DokterSehat.Com – Balita yang aktif kadang memang sulit sekali dikendalikan dan tak bisa diam. Tetapi biarkan saja, jangan dimarahi. Sebenarnya saat itu anak sedang berusaha mengenali sekitarnya. Sebagai orangtua, Anda bisa mengarahkan anak untuk bermain sambil belajar dengan cara efektif.



  • Mempererat ikatan emosional
    Ikatan emosional yang semakin kuat bisa terjalin sejak buah hati terlahir ke dunia. Anda bisa melakukan skin to skin contact. Dengan cara memberikan pijatan yang lembut pada tubuhnya, sering berbicara dengan buah hati, memandikan bayi dan menggunakan pakaiannya.  Tindakan ini bisa sangat menjadikan ikatan emosional semakin erat antara ibu dan balita. Jangan pernah bertengkar dengan siapapun di depan bayi, karena dia akan ikut merasa cemas.
  • Sering melakukan komunikasi
    Buah hati Anda mungkin belum lancar cara bicaranya, tapi Anda harus tetap mengajak dirinya berbicara. Karena semakin banyak kosakata yang didengarnya sejak belia, maka  kemampuan berbicara buah hati akan cepat berkembang. Balita bisa dikatakan memiliki tingkat IQ yang tinggi, kalau di usia 3 tahun dia sudah bisa berkomunikasi dengan lancar.  Supaya anak bisa berkembang sebagai anak yang cerdas, maka sangat baik untuk berbicara dengan nada bervariatif.
  • Selalu menunjukkan ekspresi wajah ceria
    Ketika balita berusia 3 sampai 4 bulan, maka dia sudah bisa menangkap beragam ekspresi dari orang-orang yang berada di sekelilingnya. Kemampuan dalam membaca ekspresi wajah ini adalah dasar dari komunikasi verbal si buah hati. Jadi ketika mengajak bayi berbicara, pastikan Anda selalu menunjukkan ekspresi wajah yang selalu bahagia dan ceria. Dengan demikian bayi akan berkembang sebagai sosok yang selalu bahagia dan ceria.
  • Jangan terlalu sering memakai stroller dan seat car
    Lebih baik menggendong bayi, dibandingkan menaruhnya di dalam stroller. Menggendong dengan tangan lebih baik, dibandingkan dengan menggendongnya memakai kain atau gendongan kangguru. Karena saat digendong dengan tangan telanjang, akan menjadikannya mudah bergerak dengan leluasa termasuk bisa melihat ke berbagai sudut pandang. Sehingga bayi dapat belajar banyak hal dari lingkungan di sekelilingnya.
  • Menunjukkan benda ketika berbicara
    Ketika sedang berbicara kepada buah hati sebaiknya sambil menunjukkan benda tertentu dan menjelaskan benda itu. Memang bayi belum bisa memahaminya, namun dia sudah bisa mengingat apapun yang didengarnya. Metode ini bisa menjadikan dirinya lebih cepat mengasah kemampuan berbicaranya.
Baca Juga:  Akibat Sarapan dengan Buah Saja

Dengan menerapkan kelima cara agar bayi tumbuh cerdas di atas dengan teratur, maka Anda bisa melihat buah hati tumbuh cerdas lebih cepat dibandingkan anak seusianya. Sangat penting juga untuk selalu menjauhkan buah hati dari suara bising, karena bisa menjadikan daya ingatnya melemah.