Radang Tenggorokan, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika setelah Hari Raya Lebaran, ada baiknya kita mewaspadai tiga penyakit yang kerap muncul, yakni maag, batuk pilek, serta radang tenggorokan. Memang, tidak semua orang akan mengalami penyakit tersebut. Namun, jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan mengkonsumsi makanan dan minuman secara asal-asalan selama Hari Raya, maka resiko untuk terkena penyakit tersebut akan semakin meningkat.

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Pakar kesehatan dr. Cita Murjantyo, Sp.THT yang berasal dari Rumah Sakit Internasional Bintaro menyebutkan bahwa radang tenggorokan adalah masalah kesehatan yang harus diwaaspadai mengingat hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan, batuk-batuk, gangguan pernafasan, atau bahkan demam. Penyebab dari masalah kesehatan ini sendiri adalah infeksi, alergi, serta iritasi. Namun, untuk kasus di Hari Raya Lebaran seperti sekarang ini, radang tenggorokan kerap kali disebabkan oleh iritasi yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang pedas, asam, atau minuman yang terlalu dingin.

Sebagaimana kita ketahui, makanan khas Lebaran memang cenderung memiliki rasa pedas atau bersantan yang bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Tak hanya itu, minuman bersoda atau es yang memang kerap disediakan sebagai jamuan saat bertamu juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini. Hanya saja, kebiasaan orang untuk mampir di pinggir jalan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu ternyata juga bisa membuat kita terpapar kuman atau bahkan virus yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya radang tenggorokan atau batuk dan pilek.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam menjaga asupan makanan khas Lebaran. Jangan mengkonsumsi makanan yang bersantan, pedas, atau asam secara berlebihan. Selain itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Pastikan pula untuk tidak melupakan asupan makanan sehat layaknya sayuran dan buah-buahan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.