Radang Tenggorokan Dan Cara Pencegahannya

Dokter Sehat – penyakit radang tenggorokan atau pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. penyakit yang kerap disebut radang tenggorok ini ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan. penyebab penyakit radang tenggorokan dibedakan menjadi dua, yaitu di sebabkan oleh bakteri dan di sebabkan oleh virus.

19

1.Bakteri penyebab penyakit radang tenggorokan (streptokokus)
Infeksi oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus, biasanya orang yang terkena radang yang disebabkan oleh bakteri kemungkinan telah tertular 2-7 hari sebelumnya. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri streptokokus sebaiknya lekas kedokter, karena jika tidak ditangani secara serius infeksi dapat menjalar ke katup jantung dan dapat menyebabkan penyakit demam rematik.

Ciri-ciri penyakit radang tenggorokan yang di sebabkan oleh bakteri, diantaranya adalah sebagai berikut :
•Kelenjar leher membengkak
•Suhu badan meningkat atau demam dan sering kali disertai dengan menggigil
•Sakit saat menelan
•Bagian tenggorokan berwarna merah cerah dan terdapat bercak putih

2.Disebabkan oleh virus
penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya lebih ringan, tetapi pengobatan dengan antibiotik tidak efektif jika infeksi disebabkan oleh virus karena pemberian antibiotik dapat menimbulkan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik.
Ciri-ciri penyakit radang tenggorokan yang di sebabkan oleh infeksi virus diantaranya adalah sebagai berikut :
•Batuk dan bersin dan menyebabkan suara serak
•Biasanya tidak mengalami demam, tetapi dalam beberapa kasus mengalami sedikit demam.
•Rasa pedih, gatal, dan kering dalam tenggorokan

Gejala yang di alami oleh penderita penyakit radang tenggorokan berbeda-beda berdasarkan akar penyebab dari penyakit itu sendiri. Berikut adalah beberapa gejala umum yang sering timbul apada penderita penyakit radang tenggorokan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.Demam
2.Sulit bernafas(asma).
3.Kelenjar getah bening membengkak pada bagian wajah, dada,dan tenggorokan.
4.Sering mengeluarkan air liur.
5.Tenggorokan kering dan sakit.
6.Batuk dalam frekuensi yang cukup sering.
7.Suara menjadi serak.
8.Batuk berdarah
9.Bagian laring terasa membengkak.
10.Sulit untuk makan dan menelan, bahkan air sekalipun.
11.Mengalami gejala flu dan kedinginan.

Baca Juga:  Diet Yang Tidak Sehat

Jalan terbaik untuk mecegah penyakit ini sebenarnya sangat sederhana, cuci tangan secara rutin. Pembersih tangan yang mengandung alkohol merupakan alternatif yang sangat baik untuk mencuci tangan, khususnya jika sabun dan air tidak tersedia.
Cara mencegah radang tenggorokan :
1.Hindari berbagi perlengkapan makan, gelas, serbet, makanan atau handuk.
2.Hindari menyentuh telepon umum atau peralatan umum lain dengan mulut
3.Secara rutin bersihkan telepon, keyboard PC dan remotes TV dengan pembersih. Ketika anda melakukan perjalanan, bersihkan telepon dan remote di kamar hotel anda.
4.Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sakit
5.Sebisa mungkin tetap dirumah saat hari dengan polusi yang tinggi
6.Jangan merokok, dan hindari menjadi perokok pasif
7.Gunakan pelembab ruangan jika udara dirumah anda kering
8.Gunakan tisu saat batuk dan bersin kemudian buang
9.Ketika di dalam pesawat, jaga agar lubang angin di atas anda tertutup. Sirkulasi udara dapat menjadi sumber penyebaran virus

Ace Maxs mempunyai kandungan nutrisi yang luar biasa ampuh, yaitu senyawa zat XANthone yang tergolong senyawa kimia alami atau yang lebih dikenal dengan zat antioksidan super yang paling tinggi dari pada buah yang lain. Dengan kandungan XANthone 123, 97 mg/ml, kulit manggis mampu menangkal radikal bebas, mengeluarkan zat-zat racun berbahaya dalam tubuh, membunuh penyakit serta melakukan perbaikan sel yang rusak dan membuat perlindungan beberapa sel didalam tubuh. Zat XANthone termasuk subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic yang bisa dipakai sebagai zat untuk menangani beragam penyakit, terutama penyakit radang tenggorokan.

Khasiat XANtone yang terdapat dalam kulit buah manggis telah dibuktikan melalui penelitian para pakar kesehatan, yaitu Dr. Ir. Raffi Paramawati, M. Si, dari balai besar pengembangan mekanisasi pertanian, didalam kulit manggis ada daya antioksidan luar biasa yang dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas ini masuk melewati makanan yang dikonsumsi serta jadi penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker dan sebagainya. Serta pencegahan yang sangat bagus yaitu dengan mengonsumsi buah manggis dengan teratur.