Radang Sendi – Pengertian, Gejala, dan Penyebab

radang sendi-doktersehat

DokterSehat.Com– Radang sendi atau yang biasa disebut dengan arthritis adalah rasa sakit atau penyakit pada persendian. Ada berbagai macam jenis radang sendi dengan penyebab yang berbeda tetapi memiliki gejala yang hampir mirip satu sama lain.

Ketika Anda memikirkan tentang radang sendi, Anda juga memikirkan tentang peradangan. Peradangan adalah sebuah proses di mana sel-sel darah putih pada tubuh dan protein kekebalan tubuh membantu melindungi kita dari infeksi dan zat asing seperti bakteri dan virus.

Namun, ada kalanya dalam beberapa penyakit sistem sistem kekebalan tubuh memicu respons perdangan (inflamasi) jika tidak ada zat asing untuk dilawan. Dalam penyakit ini, yang disebut penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh secara normal pelindung tubuh menyebabkan kerusakan pada jaringan sendiri. Tubuh merespons seperti jika jaringan normal yang terinfeksi atau entah bagaimana abnormal.

Penyakit apakah yang berhubungan dengan peradangan?
Beberapa, tetapi tidak semua jenis arthritis, adalah hasil dari peradangan yang salah arah. Maksudnya adalah kekebalan tubuh menyerang sel tubuh sendiri di sendi, padahal tidak ada zat asing (kuman atau virus) yang dilawan, dan kondisi ini disebut dengan kondisi autoimun. Arthritis adalah istilah umum yang menggambarkan peradangan pada sendi. Beberapa jenis arthritis yang berhubungan dengan peradangan meliputi:

Bentuk yang paling umum dari arthritis yang disebut osteoarthritis (juga dikenal sebagai artritis degeneratif) sebenarnya adalah penamaan yang sedikit keliru karena penyebabnya bukanlah peradangan sebagaimana arthritis lainnya melainkan karena proses degeneratif (penurunan kondisi tubuh seiring usia). Kondisi menyakitkan lain dari sendi dan sistem muskuloskeletal yang tidak berhubungan dengan peradangan selain osteoarthritis adalah fibromyalgia, nyeri otot pinggang (muscular low back pain), dan nyeri otot leher (muscular neck pain).

Gejala Radang Sendi 

Gejala radang sendi  meliputi:

  • Kemerahan
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi
  • Kekakuan sendi
  • Kehilangan fungsi sendi

Seringkali, hanya beberapa gejala yang hadir. Peradangan juga dapat dikaitkan dengan gejala seperti “flu” termasuk:

  • Demam
  • Menggigil
  • Kelelahan atau kehilangan energi
  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan
  • Kekakuan otot

Penyebab Radang Sendi 

Ketika peradangan terjadi, bahan kimia dari tubuh dilepaskan ke dalam darah atau jaringan yang terkena. Rilis bahan kimia ini meningkatkan aliran darah ke daerah cedera atau infeksi dan dapat menyebabkan kemerahan dan kehangatan. Beberapa bahan kimia menyebabkan kebocoran cairan ke dalam jaringan, sehingga terjadi pembengkakan. Proses ini dapat merangsang saraf dan menyebabkan nyeri.

Radang sendi – Halaman Selanjutnya : 1 2