Radang Pada Lidah Yang Sangat Mengganggu

DokterSehat.com – Meskipun biasa terjadi, ternyata banyak orang yang tidak terlalu merisaukan radang pada lidah sehingga tidak diwaspadai sebagai sebuah jenis gangguan penyakit yang berbahaya. Namun, pada kenyataannya, peradangan pada lidah ternyata dapat memicu gangguan yang lebih  berbahaya yang dapat secara langsung berpengaruh pada kelangsungan hidup seseorang. Hal ini dikarenakan karena mulut juga dapat berhubungan langsung dengan organ-organ penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, paradigma menganggap enteng radang lidah ternyata harus diubah agar kita senantiasa waspada dan lebih tanggap untuk mengatasi gangguan ini.



Terdapat beragam hal yang dapat menyebabkan radang pada lidah, seperti adanya kelainan struktur atau susunan pada gigi, terdapatnya infeksi dari bakteri ataupun virus, hingga pada hal yang paling umum, yakni kekurangan asupan nutrisi yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang biasanya terdapat pada buah buahan dan sayuran.

Jika terjadi peradangan, biasanya terdapat beberapa gejala dan akibat yang disebabkan oleh peradangan pada lidah ini, berikut adalah diantaranya:

  • Sariawan adalah pertanda yang paling mudah ditemui. Hal ini biasanya terjadi karena pembengkakan dan peradangan yang ada dibiarkan begitu saja. Yang terjadi kemudian adalah terjadinya luka terbuka yang mengakibatkan adanya sariawan pada jaringan permukaan lidah yang berlendir. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kita saat dalam kondisi mengunyah makanan.
  • Sebagian dari permukaan lidah biasanya akan berwarna merah terang. Hal ini adalah tanda pada lidah telah terjadi iritasi maupun inflamasi. Biasanya hal ini disebabkan adanya infeksi dari bakteri maupun virus.
  • Biasanya, lidah yang berwarna merah terang akan membengkak pada bagian permukaannya. Pembengkakan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan demam bagi penderitanya.
  • Jika sariawan yang dipicu oleh peradangan tidak sembuh-sembuh setelah dua minggu, sebaiknya kita mulai mewaspadai kemungkinan adanya kanker lidah.
Baca Juga:  Orang Tua Kerap Melakukan Kesalahan Ini Pada Gigi Anak

Melihat faktor resiko besar berupa kanker lidah ini, kita harus tetap mewaspadai radang pada lidah dan segera melakukan pengobatan untuk mengobati radang lidah ini, khususnya jika peradangan ini terjadi pada bagian belakang, pangkal lidah, maupun lidah bagian tepi.