Rabies – Definisi dan Penularan

Rabies adalah penyakit manusia mungkin mendapatkan dari digigit oleh hewan yang terinfeksi dengan virus rabies. Rabies telah diakui selama lebih dari 4.000 tahun. Namun, meskipun terdapat kemajuan besar dalam mendiagnosis dan mencegah rabies, saat ini rabies hampir selalu mematikan pada manusia yang terkena dan tidak menerima pengobatan.

doktersehat-anjing-virus-rabies

Rabies dapat benar-benar dicegah dengan perawatan yang tepat. Anda harus mengenali pajanan gigitan hewan dan segera mendapatkan perawatan medis yang tepat sebelum Anda mengalami gejala rabies.

Sementara rabies manusia cukup langka di Amerika Serikat, di beberapa daerah di dunia (misalnya, Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin), jauh lebih sering. Di seluruh dunia, sebagian besar kasus rabies pada manusia melibatkan gigitan dari anjing rabies, meskipun hal ini sangat jarang terjadi di Amerika Serikat, di mana binatang liar seperti rakun dan kelelawar adalah sumber utama paparan.

Insiden rabies pada manusia sejalan dengan kejadian rabies pada hewan. Langkah besar yang telah dibuat dalam mengendalikan penyakit pada hewan di Amerika Serikat dan di negara-negara maju lainnya secara langsung bertanggung jawab pada penurunan angka rabies pada manusia di negara-negara maju. Jumlah kematian manusia akibat rabies di Amerika Serikat satu atau dua kasus per tahun, dan kematian hampir selalu terjadi ketika orang yang terkena telah menunda pengobatan atau gagal untuk menerima perawatan.

Beberapa wilayah negara memiliki lebih banyak kasus rabies dari orang lain. Binatang menyumbang kasus rabies terbanyak pada tahun 2010.

Hewan yang membawa rabies: Rakun adalah hewan liar yang paling umum terinfeksi rabies di Amerika Serikat. Sigung, rubah, kelelawar, dan coyote adalah lainnya yang paling sering terpengaruh.

Baca Juga:  Kanker Prostat - Pengobatan

Kelelawar adalah binatang yang paling umum bertanggung jawab untuk transmisi rabies pada manusia di Amerika Serikat, terhitung lebih dari setengah dari kasus manusia sejak tahun 1980 dan 74% sejak tahun 1990.

Kucing adalah hewan domestik yang paling umum dengan rabies di Amerika Serikat. Anjing adalah hewan rabies paling umum di seluruh dunia.

Hampir semua hewan liar atau domestik berpotensi bisa mendapatkan rabies, tetapi sangat jarang pada hewan pengerat kecil (tikus, tupai) dan Lagomorpha (kelinci). Tikus besar (berang-berang, woodchucks / groundhogs) telah ditemukan memiliki rabies di beberapa wilayah di Amerika Serikat.

Ikan, reptil, dan burung tidak diketahui membawa virus rabies.