Puting Payudara Wanita Ternyata Bisa Berubah Warna dan Bentuk

DokterSehat.Com – Puting payudara adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi wanita. Tanpa adanya puting pada payudara, tentu payudara akan kehilangan salah satu keindahannya. Selain itu, puting pada payudara juga memiliki peran besar, khususnya saat seorang wanita baru saja melahirkan bayi. Dengan adanya puting payudara, mereka tentu akan bisa memberikan ASI eksklusif yang sangat penting bagi perkembangan dan kesehatan bayi.

doktersehat-Anoreksia-Nervosa-payudara

Banyak wanita yang berpikir jika puting payudara hanya akan memiliki bentuk dan warna yang sama sepanjang hidup. Padahal, dalam realitanya, puting payudara bisa berubah warna dan bentuk. Pakar kesehatan Alyssa Dweck, M.D, yang berasal dari Westchester, New York, menyebutkan jika puting payudara bisa berubah dari warna merah muda, merah bata, atau bahkan semakin gelap menjadi cokelat tua. Sebagai contoh, saat wanita hamil, terjadi lonjakan beberapa jenis hormon yang ternyata bisa mengubah warna dan bentuk puting payudaranya. Selain itu, saat mulai memberikan ASI bagi sang buah hati, puting payudara wanita juga bisa mengalami perubahan yang signifikan.

Menurut Dweck, saat menyusui, puting payudara wanita akan mengalami perubahan ukuran dimana ukurannya bisa bertambah hingga 50 persen lebih besar dari ukuran normal. Selain itu, puting payudara juga akan cenderung lebih sensitif saat menyusui. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dan dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine, menyebutkan jika saat menyusui, puting payudara cenderung lebih sensitif dari sebelumnya.

Saat menyusui, puting payudara wanita juga akan cenderung lebih mudah lecet dari sebelumnya. Selain karena dihisap oleh bayi saat menyusui, penggunaan bra atau aktifitas fisik yang kurang tepat juga bisa memicu masalah lecet-lecet pada puting payudaranya. Selain itu, fase menyusui juga bisa membuat puting payudara cenderung mengeluarkan minyak khas yang tidak perlu dikhawatirkan oleh kaum hawa.