Pusing Setelah Makan Daging Kambing, Tanda Tekanan Darah Langsung Naik?

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang khawatir untuk makan daging kambing karena berpikir jika bahan makanan ini akan langsung meningkatkan kolesterol atau tekanan darah. Menurut mereka, hal ini ditandai dengan kepala yang langsung pusing setelah mengkonsumsinya. Sebenarnya, apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab dari kepala pusing setelah makan daging kambing ternyata adalah kandungan zat besi, tyramine, dan protein di dalam makanan lezat tersebut. Kandungan ini akan menurunkan asupan gula menuju otak dengan signifikan sehingga kepala pun akan terasa pusing.

Tubuh memang membutuhkan zat besi karena dijadikan bahan untuk memproduksi hemoglobin atau sel darah merah. Hemoglobin inilah yang bertanggung jawab mengalirkan oksigen di dalam darah menuju seluruh penjuru tubuh, termasuk otak. Sayangnya, karena kadar zat besi meningkat dengan tajam, maka hal ini justru akan menyebabkan sakit kepala. National Poison Control Center menyebutkan bahwa selain sakit kepala atau pusing-pusing, gejala lain dari kelebihan zat besi dalam tubuh adalah mual, tubuh terasa lemah, dan nafas yang lebih pendek.

Jika anda mengalami kondisi genetik bernama hemochromatosis yang membuat tubuh memproduksi zat besi dengan berlebihan, ada baiknya tidak mengkonsumsi daging dengan frekuensi cukup sering atau mengkonsumsi suplemen zat besi agar tidak mengalami gejala-gejala kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk kandungan bernama tyramine yang memang bisa ditemukan di daging kambing, kandungan ini memang bisa memicu kepala pusing 12 jam setelah kita mengkonsumsinya. Demi mencegah datangnya gejala pusing-pusing ini, ada baiknya memang kita menjaga asupan tyramine yang ada di daging merah ini hanya sekitar 8 hingga 18 mg dalam sehari.

Jadi, jangan terlalu khawatir berlebihan jika setelah makan daging kambing kepala kita langsung pusing. Penyebabnya ternyata bukan meningkatnya tekanan darah atau kolesterol. Meskipun begitu, memang sebaiknya kita membatasi asupan daging kambing demi kesehatan tubuh.