Pusing Saat Berdiri? Waspadai Gangguan Kesehatan Tubuh Berikut

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan kondisi dimana sesaat setelah mereka duduk atau berbaring dalam jangka waktu yang lama lalu kemudian berdiri, kepala tiba-tiba terasa pusing dan bahkan beberapa orang berkata jika mereka tiba-tiba kehilangan pandangan dan akhirnya terjatuh lagi. Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah benar kondisi ini berkaitan erat dengan kondisi tekanan darah dalam tubuh. Berikut adalah beberapa penjelasan mengapa kita bisa merasa pusing setelah duduk.

doktersehat-hipertensi-kentang

Macam-macam Penyebab dan Tandanya Bagi Kesehatan Tubuh
Kondisi pusing saat berdiri ternyata memang benar disebabkan oleh kondisi tekanan darah sekaligus juga kesehatan jantung. Jantung berada pada posisi tengah-tengah dari tubuh sehingga jika jantung ingin memompa darah ke area yang lebih tinggi layaknya di area tekanan, maka tekanan darah yang dialirkan ke kepala pun cenderung lebih tinggi. Jika di dalam perjalanan aliran darah ke kepala terjadi hambatan pada pembuluh darah, maka kepala pun beresiko mengalami pusing. Selain itu, kondisi dimana tekanan darah mengalami penurunan tiba-tiba setelah kita duduk juga bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini disebut sebagai hipotensi ortostatik dimana terjadi gangguan saat tubuh mencoba menetralkan tekanan darah. Gangguan ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti sebagai berikut.

Jantung bisa jadi mengalami gangguan sehingga tekanan darah ke kepala menjadi sangat rendah. Gagal jantung atau kondisi katup jantung yang bermasalah bisa menjadi penyebab masalah ini. Selain itu, jika tubuh mengalami dehidrasi layaknya jika baru saja melakukan olahraga berat atau terkena diare, maka tubuh mengalami kehilangan cairan dan natrium yang menyebabkan pusing dan tubuh yang menjadi lemah. Selain itu, jika sistem saraf mengalami gangguan, maka organ jantung juga bisa mengalami gangguan dalam mengalirkan darah ke kepala sehingga aliran darah ke atas pun menjadi terganggu dan menyebabkan pusing. Gangguan terakhir adalah masalah diabetes yang bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dan membuat tubuh mengalami dehidrasi akut yang tentu saja membuat kepala menjadi mudah pusing saat berdiri.

Baca Juga:  Remaja Ini Berhasil Selamat dari Amoeba Pemakan Otak