Purpura Trombositopenik Idiopatik (ITP)

DokterSehat.com – Purpura Trombositopenik Idiopatik merupakan suatu perdarahan abnormal akibat penurunan jumlah trombosit tanpa penyebab yang pasti.



Penyebab

Belum diketahui pasti apa penyebab turunnya trombosit. Penyakit ini diduga dipengaruhi oleh reaksi autoimun, dimana tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang trombositnya sendiri. Meski produksi trombosit di sumsum tulang meningkat, namun tetap tidak bisa memenuhi kebutuhan  tubuh.

Pada anak-anak, penyakit ini umumnya terjadi setelah terinfeksi virus dan bisa pulih dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan.

Gejala

Pada purpura trombositopenik idiopatik yang akut, gejalanya dapat timbul secara mendadak. Sementara pada stadium kronis gejala akan timbul secara perlahan. Berikut gejalanya:

  • bintik-bintik merah di kulit
  • adanya darah dalam tinja
  • perdarahan gusi dan hidung
  • memar tanpa penyebab yang pasti

Pengobatan

Setelah dilakuan pemeriksaan, akan dilakukan diagnosis berdasakan hasil pemeriksaan yang menunjukkan rendahnya jumlah trombosit dalam sumsum tulang dan adanya peningkatan penghancuran trombosit.

Pada penderita yang sudah dewasa akan diberikan kortikosteroid seperti prednison dalam dosis tinggi untuk menekan respon kekebalan tubuh. Pemberian kortikosteroid hampir selalu bisa meningkatkan jumlah trombosit, tetapi efeknya hanya sekejap.

Terkadang penderita juga diberikan obat-obat yang menekan sistem kekebalan, seperti azatioprin. Jika pemberian obat tidak efektif atau jika penyakitnya berulang, maka akan dilakukan pengangkatan limpa (splenektomi). Bila terjadi perdarahan berat, maka penderita bisa diberikan transfusi trombosit.