Punya Masalah Kulit Berminyak? Hindari Makanan-Makanan Ini

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kecantikan yang paling dibenci oleh banyak orang, khususnya anak muda adalah kulit berminyak. Tak hanya membuat muka menjadi lebih kusam, kulit berminyak juga akan meningkatkan peluang munculnya jerawat. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa masalah kulit berminyak bisa disebabkan karena faktor lingkungan, stress, hingga perubahan hormon di dalam tubuh. Tak hanya itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa membuat masalah kulit berminyak.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Jika kita mengalami masalah kulit berminyak, ada baiknya kita menghindari asupan makanan berikut ini demi mencegahnya menjadi lebih parah.

Gorengan
Dibalik nikmatnya gorengan, terdapat banyak kandungan lemak jenuh yang bisa membuat masalah kulit berminyak menjadi lebih parah. Ada baiknya kita membatasi asupan makanan berikut ini demi kesehatan tubuh dan kulit kita.

Susu
Susu memang termasuk dalam makanan yang kaya nutrisi. Namun, susu juga memiliki kandungan yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk dalam hal menyumbat pori-pori yang akhirnya memicu masalah kulit berminyak dan jerawat. Jika memang anda termasuk dalam orang yang sensitif dengan susu sehingga akan mengalami masalah kulit setelah meminumnya, cobalah membatasi asupan minuman ini atau menggantinya dengan susu almond saja.

Gula atau makanan manis
Kandungan gula ternyata bisa mempengaruhi kelenjar minyak untuk memproduksi minyak pada kulit dengan lebih banyak. Selain itu, banyaknya asupan gula bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang akhirnya bisa memicu peradangan pada kulit.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi
Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih dan nasi putih dengan berlebihan bisa memicu kenaikan gula dalam darah dengan sangat cepat dan akhirnya berimbas pada meningkatnya produksi minyak pada kulit dan jerawat.

Baca Juga:  Apakah Memiliki Kulit yang Berminyak Berarti Kita Tidak Membutuhkan Pelembab?

Alkohol
Meminum alkohol akan membuat suhu tubuh meningkat dan berkeringat. Hal ini bisa memicu penyumbatan pada pori-pori yang akhirnya berimbas pada masalah jerawat.