Punya Mag Tapi Tetap Ingin Puasa? Bisa Kok

DokterSehat.Com – Mag atau dyspepsia kerap menjadi penghalang bagi umat Islam yang hendak menjalankan ibadah puasa. Namun derita nyeri lambung akibat gangguan tersebut bisa dicegah dengan merencanakan pola makan yang benar.

6

Konsumsi makanan yang awet kenyang, kata dr Ahmad Fuady, M.Sc-HEPL, Kepala Klinik Dokter Keluarga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Kayu Putih, seperti ditulis Rabu (17/6/2015).

Makanan awet kenyang ditandai dengan kandungan serat yang tinggi, seperti terkandung dalam sayur dan buah-buahan. Asupan karbohidrat sebaiknya dipilih yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya sereal gandum. Nasi merah juga lebih awet kenyang dibanding nasi putih.

Jika diperlukan, obat-obatan anti asam lambung atau antasida juga bisa dikonsumsi saat sahur atau berbuka. Untuk dosis dan aturan pakainya, sebaiknya dikonsultasikan juga dengan dokter yang kompeten.

Bagi penderita maag, bisa mengonsumsi obat anti asam lambung 30 menit sebelum sahur, saran dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, konsultan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Makanan-makanan maupun minuman yang merangsang produksi asam lambung sebaiknya dihindari, baik saat sahur maupun berbuka. Contohnya adalah makanan asam, pedas, cokelat, keju, lemak, kopi dan soda.

Tentu saja jika dikonsumsi penderita mag, penyakitnya bisa kambuh dan membatalkan puasa, kata dr Ari.