Punya Kolesterol Tinggi? Yuk Lakukan Cara Ini untuk Menurunkannya

DokterSehat.Com – Memiliki angka kolesterol yang tinggi tentunya bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Jika dokter mengatakan bahwa Anda memiliki angka kolesterol yang tinggi, janganlah lantas bersedih. Anda harus mengetahui bahwa itu berarti anda harus mengubah pola diet dan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Meskipun mendapatkan resep obat untuk membantu menurunkan kolesterol, yang sangat terpenting juga adalah mengubah gaya hidup dan pola makan dengan memulai beberapa hal berikut:

doktersehat-konsultasi-sinus

  1. Kenali mana yang Baik dan Buruk

Tubuh hanya membutuhkan sedikit kolesterol, namun pada beberapa orang memiliki banyak terutama kolesterol “jahat” LDL. Ini bisa terjadi bila anda mengkonsumsi banyak lemak jenuh yang terdapat terutama pada makanan hewani.

  1. Perbanyak makanan bergizi

Perbanyak makanan dengan  buah-buahan dan sayuran, minimal lima sampai sembilan penyajian per harinya untuk menurunkan kadar LDL anda. Antioksidan yang ada di makanan tersebut memiliki manfaat yang baik. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, tanpa sadar anda juga mengurangi konsumsi makanan berlemak. Selain itu, makan sayur dan buah dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan.

  1. Tambahkan Omega-3 dalam menu makanan

Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega tiga yang biasanya ada pada ikan. Anda dapat mengkonsumsi ikan dua kali dalam seminggu. Kandungan omega-3 baik untuk tubuh karena dapat menurunkan trigliserida, menurunkan kolesterol dan memperlambat pembentukan plak di pembuluh darah. Ikan dengan kandungan tersebut dapat dijumpai di ikan salmon, tuna, sarden. Sebisa mungkin ikan tersebut dimasak dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang, namun sebaiknya jangan digoreng.

  1. Pilih Jenis Karbohidrat yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti beras hitam dan gandum memiliki lebih banyak serat dan relatif tidak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, jenis makanan tersebut juga bisa menurunkan kolesterol,dan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama.

  1. Olahraga minimal 30 menit perhari
Baca Juga:  Kunci Jantung Sehat

Melakukan olahraga minimal 30 menit tiap harinya dapat menurunkan lemak jahat dan menaikkan kadar lemak baik dalam tubuh. Melakukan olahraga lebih dari 30 menit tentunya akan lebih baik. Tentunya dalam 30 menit tersebut anda tidak harus terus-menerus olahraga, anda bisa mengambil istirahat diantaranya, kemudian melanjutkannya lagi.

  1. Terus bergerak

Anda dapat terus aktif bergerak dimanapun. Misalnya dengan melakukan aktivitas berkebun, menari, jalan-jalan bersama hewan peliharaan, bermain dengan anak atau cucu. Semakin banyak beraktivitas maka semakin baik untuk kesehatan anda. Bahkan membersihkan rumah juga merupakan

  1. Atur Porsi

Makan dengan porsi yang terlalu banyak dapat menyebabkan berat badan bertambah dan meningkatkan kolesterol. Oleh karena itu, batasi jumlah lemak jenuh yang masuk dalam tubuh, dan apabila memungkinkan menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak sangat dianjurkan

  1. Rutin Kontrol

Rutin mengunjungi dokter untuk mengetahui kemajuan usaha anda dalam menurunkan kolesterol sangatlah dianjurkan.  Hal ini untuk melihat apakah usaha yang telah anda lakukan sudah membuahkan hasil atau justru masih kurang.