Punya Keringat Berlebihan? Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit-Penyakit Berikut

DokterSehat.Com – Dikarenakan kita tinggal di negara yang memiliki iklim tropis, maka kita tentu akan terbiasa dengan suhu yang panas dan membuat badan kita berkeringat, bahkan di malam hari. Selain karena suhu yang panas, keringat juga bisa keluar andai kita melakukan olahraga atau karena mengalami kecemasan. Bagi sebagian orang, keringat ternyata bisa keluar dengan jumlah yang lebih banyak dari orang normal. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini disebabkan oleh kondisi hyperhidrosis, dimana kelenjar keringat akan lebih aktif mengeluarkan keringat dari biasanya. Namun, mereka yang banyak mengeluarkan keringat juga sebaiknya mewaspadai beberapa jenis penyakit layaknya sebagai berikut.

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Serangan jantung
Tahukah anda jika sebuah penelitian yang berasal dari University of Illinois, Chicagi, Amerika Serikat menghasilkan fakta dimana andai seseorang mengeluarkan keringat secara berlebihan pada area dada, leher, lengan, hingga rahang, maka bisa jadi mereka sebenarnya mengalami gejala awal dari serangan jantung. Jika anda memiliki masalah ini, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Diabetes
Mereka yang memproduksi keringat lebih banyak dari orang normal, khususnya pada area kulit kepala, leher, hingga wajah, ternyata cenderung terjadi pada yang terkena penyakit diabetes. Andai anda mengalami kondisi ini namun belum mengetahui bahwa anda terkena diabetes atau tidak, segeralah periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter.

Gangguan kecemasan
Panik atau cemas memang bisa menyebabkan kita mengeluarkan keringat dengan jumlah yang sangat banyak. Namun, andai kita kerap mengeluarkannya dan disertai dengan pikiran yang berkecamuk tidak karuan, bisa jadi kita mengalami gangguan kecemasan. Beruntung, masalah ini bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi obat-obatan atau melakukan psikoterapi.

Sering terjadi pada wanita menopause
Tahukah anda jika 75 persen dari wanita yang sedang dalam fase menopause ternyata akan cenderung memproduksi keringat dengan jumlah yang sangat banyak? Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ini terjadi secara alami sehingga tidak perlu dikhawatirkan.