Punya Keluhan Sakit Kepala? Inilah Cara Alami Mengatasinya

DokterSehat.Com – Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang cukup mengganggu, entah sakit kepala itu dalam kondisi ringan atau berat. Selain tidak nyaman, juga bisa mengganggu aktivitas seharian.



Ketika Anda mengalami sakit kepala, usahakan untuk tidak terburu-buru pergi ke dokter. Atasi sakit kepala dengan obat yang lebih ramah yakni obat alami.

Berikut ini bahan alami untuk atasi sakit kepala :

  • Minyak lavender
    Aroma harum dari minyak lavender disinyalir bisa atasi sakit kepala. Cara menggunakan minyak lavender cukup mudah yakni, oleskan minyak lavender di pelipis atau hirup aromanya sesekali. Hal ini bisa membantu Anda sembuh dari sakit kepala atau migrain.
  • Minyak pappermint
    Harum minyak pappermint juga dipercaya bisa mengatasi sakit kepala. Aroma minyak ini bisa menenangkan, membantu mengontrol aliran darah sekaligus membantu membuka dan menutup pembuluh darah lebih baik. Tidak heran jika minyak pappermint bisa menjadi obat sakit kepala alami di rumah.
  • Minyak basil
    Minyak Basil merupakan minyak yang memiliki aroma kuat dan biasanya terbuat dari tanaman kemangi. Minyak ini dipercaya sebagai obat rumah yang mampu atasi sakit kepala. Minyak basil sangat baik untuk menjaga cara kerja otot dan merileksasi tubuh maupun pikiran agar tidak lagi tegang.
  • Kacang almond
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makan dua hingga tiga biji kacang almond saat sakit kelapa bisa segera sembuh. Mengingat adanya kandungan salicin pada kacang almond, hal inilah yang membuat almond sangat baik dalam mengatasi sakit kepala.
  • Yoga
    Pekerjaan yang terlalu berat dan masalah yang cukup rumit disinyalir sebagai penyebab utama seseorang mengalami sakit kepala. Bukan hanya badan lelah yang menyebabkan sakit kepala, stress dan pikiran yang terlalu berat juga dikatakan mampu memperparah sakit kepala. Cobalah menenangkan pikiran dengan melakukan olahraga yoga. Saat pikiran dan fisik fresh, sakit kepala bisa diatasi dengan mudah dan murah di rumah.
Baca Juga:  Aichmo Phobia- Takut Pada Benda-Benda Tajam

Selain beberapa bahan alami di atas, mengatasi sakit kepala juga bisa dilakukan dengan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, hentikan program diet, cari udara segar, kurangi konsumsi kafein, cokelat dan minuman mengandung alkohol serta soda. Jangan lupa untuk selalu rileks dan tenang. Pastikan minum air putih cukup minimal 8 gelas perhari. Tapi ingat Ladies, periksakan diri ke dokter jika sakit kepala tidak kunjung sembuh.