Punya Anak Kembar Belum Tentu Menyenangkan, Lho

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku ingin mendapatkan anak kembar karena akan terlihat lucu, menggemaskan, dan unik. Bahkan, ada yang dengan bercanda berkata bahwa dengan memiliki anak kembar, mereka tidak perlu lagi bersusah-susah untuk mendapatkan kehamilan lagi dan tinggal merawat anak kembar ini hingga tumbuh lebih besar. Tak disangka, dibalik segala hal positif yang dibayangkan dengan memiliki anak kembar, ada beberapa fakta tentang memiliki anak kembar yang bisa jadi membuat anda pikir-pikir untuk mendapatkannya.

Harus siap mental
Memiliki satu anak saja sudah bisa membuat kita kerepotan, apalagi harus merawat dua anak atau lebih dalam waktu yang sama. Orang tua yang memiliki anak kembar harus benar-benar mempersiapkan mentalnya untuk menghadapi kerepotan dan stress yang akan bertambah dua kali lipat.

Biaya yang lebih besar
Biaya perawatan anak, khususnya bayi dan balita, cenderung semakin mahal. Tak hanya mainan, pakaian, diapers, susu, dan berbagai hal-hal lainnya bisa membuat kita semakin pusing mengatur keuangan keluarga. Belum lagi jika anak kita masuk sekolah lainnya. Alokasi dana untuk pendidikan tentu akan lebih banyak.

Pertengkaran anak
Anak kembar belum tentu selalu akur. Kadangkala mereka bisa bertengkar karena hal-hal yang remeh layaknya berebut mainan dan lain sebagainya. Orang tua pun terkadang harus dengan terpaksa membeli barang-barang yang sejenis dua buah agar anak tidak bertengkar atau saling iri.

Rentan terkena penyakit
Bukan berarti anak kembar lebih mudah jatuh sakit. Namun, memiliki anak kembar membuat mereka cenderung mendapatkan perhatian lebih besar dari banyak orang sehingga lebih memungkinkan untuk disentuh, dicium, atau bahkan dicubit oleh orang-orang yang gemas. Yang menjadi masalah adalah, hal-hal ini bisa memicu datangnya penyakit.