Punggung Terasa Sakit Saat Bangun Tidur? Penyebabnya Ternyata Tidak Diduga

DokterSehat.Com– Pernah bangun tidur dengan kondisi punggung terasa sakit? Banyak orang yang menganggap hal ini disebabkan oleh aktifitas fisik yang melelahkan di hari sebelumnya atau salah posisi tidur. Namun, menurut pakar kesehatan, bisa jadi penyebab dari sakit punggung ini adalah kasur kita. Kok bisa?

doktersehat-menjaga-sendi-sehat-nyeri-punggung

Pakar kesehatan dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS yang berasal dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang menyebutkan bahwa jika kita tidur dengan kualitas kasur yang buruk, maka hal ini akan memberikan pengaruh buruk bagi struktur tulang punggung. Beliau sendiri ternyata kerap menemukan pasien yang mengeluhkan sakit punggung yang ternyata disebabkan oleh tempat tidur yang tidak nyaman. Sebagai contoh, para pasien ini tidur dengan kasur pegas dengan kualitas yang buruk. Biasanya, kasur pegas ini memiliki harga yang murah namun hanya dalam waktu satu tahun saja bagian tengahnya sudah turun.

Perubahan pada bentuk kasur ternyata berpengaruh besar bagi struktur tulang punggung, apalagi jika berada dalam posisi tidur selama berjam-jam. Dengan posisi punggung yang melengkung dan tidak ditopang dengan baik, maka punggung tentu akan terasa sakit saat bangun tidur.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang selalu mengecek kondisi kasur yang kita pakai untuk tidur apakah masih berada dalam kualitas yang baik atau tidak. Jika sudah terlalu keras atau melengkung di bagian tengah sehingga bisa membuat punggung tidak dalam posisi yang nyaman saat tidur, ada baiknya kita segera menggantinya saja.