Punggung Terasa Nyeri Karena Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Pertanyaan Konsultasi



Dear Dokter

Sebut saja nama saya Ibu Anu,  saat ini punggung saya akhir-akhir ini terasa nyeri pada saat beraktifitas. Tetapi saya tidak pernah terjatuh maupun cedera sebelumnya. Hal ini terus terasa sepanjang dua minggu ini.

Sekarang saya bekerja di suatu departemen store X yang mengharuskan saya menggunakan sepatu hak tinggi setiap harinya.  Apakah hal tersebut berhubungan dok ? Apa yang harus saya lakukan?  Terimakasih

 

Jawaban Konsultasi

Salam Sehat ibu Anu 🙂

Terimakasih sudah bertanya di DokterSehat.com ini, sepatu hak tinggi memang sekarang umum dan banyak digunakan oleh wanita dengan alasan Fashion dan tidak jarang digunakan setiap hari. Tetapi sebetulnya sepatu hak tinggi tidak baik apabila digunakan setiap hari secara non-stop.

Wanita harus tahu efek samping yang ditimbulkan pada tubuh. Efek sampingnya cukup bervariasi tetapi menurut penelitian wanita muda yang mengenakan sepatu hak tinggi selama 40 jam per minggu atau lebih, tanpa disadari perlahan-lahan dapat menyebabkan cedera dan cacat tubuh.

Postur tubuh yang baik adalah penting karena berhubungan dengan sumsum tulang belakang yang merupakan bagian penting dari tubuh manusia. Ini berfungsi menjaga keseimbangan serta mendukung dan membantu untuk mempertahankan postur tubuh tegak lurus dan begitu juga punggung bagian bawah, bertindak sebagai pusat tubuh dan membantu Anda untuk berdiri dan berjalan normal.  Penggunaan sepatu hak tinggi mengganggu postur normal yang membuat tubuh agak melengkung.
Penggunaan sepatu bertumit tinggi menempatkan kaki Anda dalam posisi menunjuk ke bawah sehingga menempatkan lebih banyak tekanan pada kaki depan. Efeknya akan memaksa Anda untuk menyesuaikan seluruh tubuh untuk menjaga keseimbangan. Bagian bawah tubuh membungkuk karena posisi kaki menunjuk ke bawah. Oleh karena itu, bagian atas perlu bersandar ke belakang untuk membuat Anda seimbang.  Ini bukan sikap normal tubuh Anda.

Seperti disebutkan sebelumnya, sepatu hak tinggi mempengaruhi berat tubuh bagian belakang.  Hal ini menyebabkan tulang lumbar (pinggang) merata.  Tubuh dipaksa untuk bersandar ke depan, membuat otot-otot pinggul bekerja lebih dari biasanya saat aktif berjalan.  Hal ini dapat menyebabkan pemendekan otot flexor muscles (terletak di bagian atas paha) menyebabkan kontraktur (mendatarkan tulang belakang).

Baca Juga:  Urin Mampu Mendeteksi Berbagai Penyakit Dalam Tubuh

Tetapi memang betul tidak  setiap orang tidak menderita sakit punggung. Hal ini hanya terjadi pada beberapa wanita yang sudah menampilkan tanda-tanda masalah pada bagian punggung dan lainnya.

Jadi kembali pada ibu Anu, saran saya coba untuk memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk dilihat apakah memang betul itu positif karena penggunaan sepatu hak tinggi. Apabila betul , saran saya untuk mengurangi bahkan menghindari sepatu hak tinggi. Coba minta dispensasi dari pihak kantor, mereka pasti mau mengerti apabila disertai surat dari dokter.  Anda juga biasanya akan diberikan obat penghilang rasa nyeri dan obat anti inflamasi non steroid serta menjalani fisioterapi, untuk obat akan kembali tergantung masing-masing dokter tempat anda memeriksakan karena akan disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Semoga informasi ini berguna

Salam

Team DokterSehat.com