Puasa Ternyata Bisa Menghilangkan Stress

DokterSehat.Com – Ada cukup banyak manfaat dari melakukan ibadah puasa. Dari yang membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat, mengendalikan kadar gula dalam darah, hingga mampu menurunkan berat badan. Namun, tahukah anda jika puasa ternyata juga bisa membantu kita menghilangkan stress?



Pakar kesehatan menyebutkan jika saat berpuasa, sistem kekebalan tubuh kita meningkat. Tak hanya itu, kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga semakin menurun. Yang menarik adalah, kondisi ini ternyata menstimulasi sistem imun tubuuh untuk melakukan detoksifikasi atau proses membuang racun pada tubuh dengan lebih baik sekaligus memberikan berbagai nutrisi pada sel-sel tubuh dengan tepat. Sebagai informasi, racun di dalam tubuh bisa didapatkan dari makanan yang tidak bisa dicerna, udara yang kotor, bahan kimia obat-obatan, hingga adanya logam berat dalam air. Biasanya, proses detoksifikasi ini berlangsung secara alami dimana kita bisa membuang racun ini melalui buang air kecil, buang air besar, hingga keringat. Hanya saja, karena gaya hidup yang tidak sehat, proses ini bisa mengalami gangguan sehingga masih ada banyak racun tersisa pada tubuh dan memicu masalah kesehatan.

Dengan berpuasa, kita bisa memastikan proses detoksifikasi dengan lebih baik sehingga tubuh pun akan terasa lebih bugar dan sehat. Tak hanya itu, hal ini ternyata juga bisa berimbas positif bagi kesehatan mental kita. Berpuasa ternyata membuat kita mengendalikan diri dengan lebih baik. Hal ini berarti, emosi pada tubuh kita akan lebih terkendali sehingga kita pun tidak akan mudah terkena stress yang memicu peradangan dan masalah kesehatan lainnya. Tak hanya itu, berpuasa ternyata bisa membuat kemampuan otak meningkat dan akhirnya berimbas pada menurunnya produksi hormon kortisol pada kelenjar adrenal sehingga kita pun tidak akan mudah terkena stress.