Puasa Sebentar Lagi, Persiapkan Diri Anda dengan 4 Tips ini Yuk!

DokterSehat.Com– Kurang beberapa hari lagi, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Pada bulan Ramadhan nanti, setiap umat muslim diwajibakan untuk melakukan ibadah puasa. Nah, tentunya bagi Anda yang menjalanankan ibadah puasa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tubuh tidak merasa kaget ketika hari pertama puasa nanti.

doktersehat-jilbab-hijab-muslim-puasa

Salah satu persiapan yang baik adalah dengan melatih tubuh serta menjaga kebugaran agar bisa melakukan puasa dengan lancara. Bicara tentang persiapan, doktersehat.com punya beberapa tips untuk Anda sebelum melakukan puasa penuh 1 bulan. Apa saja tipsnya? Simak yuk!

1. Melatih Tubuh

Jika saat ini Anda memiliki kebiasaan makan dalam porsi banyak dan waktu teratur, ada baiknya untuk melatih diri dari sekarang. Latihlah untuk menahan lapar walau rasa lapar mengganggu Anda. Kurangi porsi makan Anda, jika sebelumnya makan siang dalam porsi banyak, maka kurangilah untuk melatih tubuh dan perut Anda. Sebab, jika sudah terbiasa, maka ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan nanti pun akan berjalan lancar.

2. Hilangkan Kebiasaan Ngemil

Setiap orang pasti sangat suka ngemil, khususnya wanita. Ngemil dikatakan sebagai aktivitas yang bisa menunda lapar. Padahal, dengan semakin banyak ngemil, maka kalori pun semakin menumpuk. Nah, untuk mempersiapkan diri agar puasa lancar, dari sekarang kurangi kebiasan ngemil tersebut. Tahan diri dari godaan makanan yang ringan sehingga saat puasa nanti Anda sudah terbiasa dan tidak tergoda lagi.

3. Perbanyak Minum Air

Saat puasa nanti, air adalah hal yang paling berpengaruh bagi tubuh Anda. Sebab, kebanyakan orang bisa menahan lapar, tapi sangat susah menahan haus. Maka dari itu, biasakan diri Anda dari sekarang untuk banyak minum air agar tubuh Anda lebih fit dan siap menjalankan ibadah puasa penuh selama satu bulan.

Baca Juga:  Penderita Diabetes Boleh Puasa Asal Memperhatikan Hal ini

4. Tetap Beraktivitas

Halangan puasa yang biasa dituturkan kebanyakan orang adalah faktor pekerjaan yang berat. Sebenarnya, jika Anda sudah terbiasa dengan hal itu, maka puasa bisa tetap dijalankan. Anda bisa saja sedikit mengurangi intensitas atau tenaga saat bekerja sebagai solusinya. Dari sekarang, jangan pernah bermalas-malasan agar saat melakukan puasa nanti tubuh Anda menjadi lebih enerjik.