Psoriasis, Penyakit Apa Sih?

DokterSehat.Com – Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit yakni mengalami kelainan dalam pergantian kulit yang berjalan terlalu cepat sehingga mengakibatkan kulit bersisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Psoriasis biasanya muncul di tempat-tempat yang sering tertekan seperti lutut, atau siku.



Sekitar 10–30% penderita psoriasis juga mengalami radang sendi. Biasanya, psoriasis muncul pada usia dewasa dan pada sepertiga kasus memang faktor keturunanlah yang berperan. Tapi, penyebab pasti psoriasis sendiri sampai sekarang belum jelas. Diduga penyakit ini ada kaitannya dengan autoimun, yaitu terganggunya sistem imun tubuh oleh beragam hal, termasuk akibat beragam infeksi.

Psoriasis merupakan penyakit kronis dan mudah kambuh. Artinya, berlangsung sepanjang hidup dan sampai saat ini belum ada pengobatan pastinya. Pengobatan yang mungkin berhasil baik pada seorang pasien belum tentu memberikan hasil serupa pada pasien yang lain. Penderita psoriasis akan mengalami serangan on and off dan yang bisa dilakukan adalah mengendalikan gejala, mengurangi keluhan.

Penanganan sangat tergantung dari berat ringannya gejala. Satu dari sepuluh pasien psoriasis mengalaminya di usia kanak-kanak. Psoriasis yang diperoleh di masa ini cenderung menyebar ke seluruh tubuh dan selalu muncul kembali meski sempat menghilang. Pasien biasanya diberi obat untuk mengurangi rasa gatal.

Di lain pihak, tidak jarang pasien mengalami tekanan psikologis, merasa rendah diri, dan frustrasi. Makanya, penting sekali untuk menerangkan pada anak bahwa psoriasis sama saja dengan penyakit lain. Penyakit bukan alasan untuk kehilangan rasa percaya diri. Si kecil pasti bisa mengatasi aspek psikologisnya, apalagi jika Anda sering berdiskusi dengannya. Dan siapa tahu, dalam waktu yang tidak terlalu lama, ada penemuan baru yang akan sangat membantu penderita psoriasis.