Psoriasis – Pengobatan Topikal untuk Psoriasis

Psoriasis berupa lesi kering di kulit dapatkan dengan psoriasis bisa gatal dan tidak nyaman, tetapi rencana pengobatan yang tepat dapat membantu mengatasinya.

doktersehat-psoriasis-kelainan-kulit-impetigo

Dokter mungkin akan menyarankan krim, lotion, semprotan, solusio, dan salep. Semua sediaan obat yang tadi disebutkan disebut “topikal,” yang berarti Anda mengoleskan langsung pada kulit atau kulit kepala.

Sejumlah produk tersedia. Anda bisa mendapatkan beberapa produk obat topikal dengan membelinya di apotek tanpa resep dokter, tetapi untuk obat lain ada juga yang membutuhkan resep. Mungkin diperlukan waktu untuk menemukan obat apa yang terbaik untuk Anda.

Memilih Obat Topikal
Pelembab dan lotion yang Anda beli tanpa resep dokter dapat menjaga kelembaban kulit Anda dan membantu mengendalikan kekambuhan. Secara umum, lotion berminyak dapat menjaga kelembaban kulit yang kering karena psoriasis.

Asam Salisilat menghilangkan sisik yang muncul di lesi psoriasis sehingga membantu obat lain untuk bekerja tanpa terhalang kulit yang mati. Asam salisilat terseida dalam lotion, gel, sabun, dan sampo. Ini sangat membantu ketika digunakan dengan perawatan kulit lainnya. Membersihkan serpihan kulit mati memungkinkan obat lain yang dioleskan akan bekerja lebih baik.

Tar Batubara dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit dan membuat kulit Anda terlihat lebih baik. Tar tersedia dalam berbagai bentuk yang berbeda. Semakin lemah kadar produk ini, maka akan semakin mudah didapatkan tanpa resep di apotek. Sampo tar membantu mengobati psoriasis kulit kepala. Tar batubara memiliki bau yang kurang enak, dan dapat mengiritasi kulit dan meninggalkan noda pada pakaian Anda.

Ikuti anjuran dengan hati-hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia dalam tar batubara bersifat karsinogenik, tapi ini hanya berlaku pada dosis yang sangat tinggi. Aman untuk menggunakan produk ini jika Anda mengikuti petunjuk dokter.

Steroid (Kortikosteroid) mengurangi bengkak (peradangan) dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit sehingga mereka tidak menebal. Steroid tersedia dalam kekuatan yang berbeda. Formula dengan kadar lemah dapat bekerja untuk daerah sensitif seperti daerah wajah, leher, atau lipatan kulit seperti lipatan paha atau ketiak. Anda mungkin perlu formula yang kuat untuk tempat-tempat seperti siku dan lutut di mana kulit lebih tebal.

Anda akan disarankan untuk mengoleskan terapi topikal dua kali sehari. Dokter mungkin menyarankan Anda membungkus daerah tersebut dengan pita atau plastik setelah Anda mengoleskan obat. Ini adalah metode yang disebut oklusi. Ini dapat membantu beberapa perawatan bekerja lebih baik, tetapi juga dapat menyebabkan efek samping.

Efek samping termasuk:

  • penipisan kulit
  • perubahan warna kulit
  • memar
  • pembuluh darah lebih terlihat

Pastikan Anda mengikuti petunjuk dari dokter. Terlalu banyak menggunakan obat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Kadang-kadang, steroid bekerja lebih baik bila digunakan bersama dengan obat lain.

Baca Juga:  Kulit Bagian Leher Terdapat Lingkaran Berwarna Merah

Vitamin D krim, lotion, busa, dan solusio seperti kalsipotriena (Calcipotriene, Dovonex, Sorilux) memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit Anda. Untuk penggunaan jangka panjang, produk ini mungkin lebih aman daripada steroid, tetapi produk ini dapat mengiritasi kulit Anda.

Dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda menggunakan jumlah kecil sebanyak dua kali sehari. Hati-hati untuk tidak mengoleskan pada kulit yang sehat. Oleskan hanya pada bagian kulit yang sakit

Beberapa obat-obat ini dapat membuat Anda sakit jika Anda mengkonsumsinya tanpa indikasi, sehingga jauhkan obat-obat ini dari anak-anak dan hewan peliharaan. Dan pastikan dokter tahu obat-obatan lain yang Anda konsumsi.  Dokter dapat menyarankan menggunakan vitamin D bersama dengan steroid. Salah satu obat ada yang berisi kombinasi dari keduanya. Ini disebut Taclonex (kalsipotriena dan betametason dipropionat).

Retinoid, seperti tazarotene (Tazorac), dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit. Sediaan gel atau krim ini mengandung vitamin A dan tersedia dalam kekuatan yang berbeda. Biasanya Anda disarankan memberikan setetes kecil untuk setiap lesi sekali sehari sebelum tidur. Dokter biasanya menyarankan wanita yang sedang hamil atau yang akan hamil tidak menggunakan produk ini.

Anthralin memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat ini tidak memiliki efek samping yang serius, tetapi dapat mengiritasi kulit dan noda pakaian, seprai, dan kulit. Ini sering digunakan dengan obat lain.

Pimekrolimus (Elidel) dan Tacrolimus (Protopic) dapat membantu menghentikan pembengkakan (inflamasi). Dokter Anda dapat menyebutnya sebagai “Calcineurin inhibitor.” Mereka kadang-kadang digunakan untuk mengobati psoriasis ketika obat lainnya tidak bekerja.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat ini, dan membaca kotak hitam peringatan FDA pada label, mungkin ada hubungan antara obat ini dan limfoma (kanker dari sistem limfatik) dan kanker kulit.

Kapan Sembuh?
Pengobatan yang tadi telah disebutkan di atas bekerja dengan baik untuk banyak orang, tetapi tidak semua orang merespon dengan cara yang sama. Jangan heran obat mungkin juga tidak memberikan efek apapun, sampai Anda mengubah kebiasaan buruk seperti stres menjadi lebih baik. Biarkan dokter tahu apa yang membuat perbedaan dan apa yang tidak. Bersama-sama, Anda dapat memilih produk yang tepat.

Banyak pengobatan topikal dapat mengiritasi kulit Anda, sehingga dari waktu ke waktu, dokter mungkin menyarankan Anda menggunakan berbagai jenis krim. Anda juga dapat menggunakannya bersama dengan jenis perawatan seperti fototerapi atau obat telan atau obat suntik.

Sebelum Anda mulai menggunakan pengobatan topikal, pastikan Anda memahami tujuan obat dan efek samping. Tetap dengan rencana pengobatan. Jika Anda tidak menggunakan obat Anda secara teratur, psoriasis Anda bisa lebih buruk.