Psoriasis – Penyebab dan Pertanyaan yang Perlu Diajukan Ketika Konsultasi dengan Dokter

Psoriasis adalah kondisi yang ditandai dengan sel-sel kulit yang bereplikasi/ berkembang hingga 10 kali lebih cepat dari biasanya. Sel-sel basal pada lapisan kulit mencapai permukaan kulit dan mati, lalu terangkat, membentuk suatu plak merah ditutupi dengan sisik putih. Psoriasis biasanya terjadi pada lutut, siku, dan kulit kepala, dan juga dapat mempengaruhi tubuh, telapak tangan, dan telapak kaki.

doktersehat-psoriasis-kelainan-kulit-impetigo

Apa Penyebab Psoriasis?
Berbagai faktor, mulai dari stres emosional dan trauma untuk infeksi streptokokus, dapat menyebabkan episode psoriasis. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa kelainan pada sistem kekebalan tubuh adalah penyebab utama psoriasis. Sebanyak 80% dari orang yang memiliki yang mengalami kekambuhan melaporkan trauma emosional yang baru saja terjadi, seperti pekerjaan baru atau kematian orang yang dicintai. Kebanyakan dokter percaya stresor eksternal dapat menjadi pemicu untuk gangguan fungsi kekebalan tubuh yang diwariskan (genetik).

Kulit yang terluka dan obat-obatan tertentu dapat memperburuk psoriasis, termasuk beberapa jenis obat tekanan darah (seperti beta-blocker), anti-malaria hydroxychloroquine, dan ibuprofen (Advil, Motrin, dll).

Psoriasis cenderung diturunkan dalam keluarga, tapi mungkin dapat lompat generasi; misalnya seorang kakek dan cucunya mungkin akan terpengaruh, tapi ibu anak tidak pernah terkena penyakit ini. Meskipun psoriasis mungkin membuat stres dan memalukan, sebagian besar kekambuhan relatif tidak berbahaya. Dengan perawatan yang tepat, gejala umumnya mereda dalam beberapa bulan.

Tidak ada obat untuk psoriasis, dan tidak ada pengobatan yang sempurna. Pengobatan untuk psoriasis dapat menuntut untuk diberikan lagi dan lagi, dan menimbulkan efek samping.

Sebelum pengobatan, Anda harus memastikan bahwa dokter memberikan resep obat sistemik (minum) dan obat biologis ketika diperlukan. Beberapa dokter enggan untuk menggunakan obat kuat karena efek sampingnya. Para ahli menunjukkan bahwa kasus-kasus tertentu menuntut obat sistemik dan biologis, namun pemilihan obat memang harus sangat berhati-hati. Diskusikan dengan dokter yang mengerti semua perawatan dan dapat memberikan pilihan pengobatan dan pengarahan untuk pasien.

Baca Juga:  Tips Menghindari Berbagai Macam Penyakit Kulit

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat dokter minta tentang pengobatan psoriasis. Mereka mungkin membantu Anda mengetahui cara terbaik untuk mengobati psoriasis. Meskipun tidak semua pertanyaan ini mungkin berlaku untuk situasi Anda, ide yang baik untuk mengetahui apa pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan Anda ajukan.

  • Jika psoriasis saya tidak banyak mengganggu saya, apakah saya benar-benar membutuhkan perawatan?
  • Apakah saya akan membutuhkan berbagai jenis perawatan untuk berbagai bagian tubuh saya, seperti siku, wajah, atau kuku?
  • Apakah psoriasis saya begitu parah sehingga saya harus menggunakan fototerapi atau terapi sistemik dan bukan pengobatan topikal (pengobatan salep)? Apa efek samping dari perawatan ini?
  • Apakah tempat praktik ini memiliki semua pengobatan untuk psoriasis yang tersedia – seperti fototerapi – dan Anda secara rutin meresepkan obat sistemik atau biologis untuk mengobati kondisi saya?
  • Jika saya terlalu sibuk untuk membuat janji fototerapi biasa, dapatkah saya gunakan kotak lampu di rumah?
  • Haruskah saya dievaluasi untuk terjadinya artritis psoriasis? Jika Anda berpikir saya memiliki artritis psoriasis apakah saya perlu mengunjungi dokter penyakit dalam juga? Apa pengobatan akan membantu psoriasis dan gejala arthritis?
  • Berapa banyak akan biaya pengobatan psoriasis? Apakah asuransi saya membatasi jumlah pilihan terapi yang terbuka untuk saya?
  • Akan terapi saya memerlukan waktu jangka panjang, atau akan itu sporadis?
  • Seberapa sering saya harus datang untuk check-up untuk mengobati psoriasis saya secara efektif?
  • Jika tidak ada yang membantu psoriasis saya, apa yang harus saya lakukan?
  • Apakah ada kondisi medis yang dapat mencegah saya mendapatkan perawatan sistemik? Apa yang perlu Anda ketahui tentang riwayat kesehatan masa lalu saya?