Psioriasis

DokterSehat.com – Psoriasis adalah suatu proses inflamasi yang menyebabkan kelainan pada sistem kekebalan tubuh (autoimunitas) yang kemudian berefek pada kelainan kulit yang ditandai dengan proses pergantian kulit yang terlalu cepat.Berbeda dengan pergantian kulit pada manusia normal yang biasanya berlangsung selama tiga sampai empat minggu, proses pergantian kulit pada penderita psoriasis berlangsung secara cepat yaitu sekitar 2–4 hari, (bahkan bisa terjadi lebih cepat) pergantian sel kulit yang banyak dan menebal.



Penyakit ini belum bisa disembuhkan, tetapi hanya bisa dilakukan perawatan. Secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular dan timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh, termasuk kepala dalam bentuk ketombe Akut.

Psoriasis belum dapat disembuhkan artinya belum ada penderita yang 100% terbebas dari penyakit ini , pengobatan yang ada hanya untuk menekan gejala Psoriasis ini, memperbaiki keadaan kulit, mengurangi rasa gatalnya. Penderita Psoriasis tidak bisa berhenti dari pengobatan, ada pengobatan lanjutan sebagai pemeliharaan yang diberikan dalam jangka waktu lama untuk mempertahankan kondisi dan juga untuk mengontrol timbulnya kelainan kulit yang baru.

Pengobatan Psoriasis biasanya dilakukan dengan berbagai cara mulai dengan salep oles (topical), obat telan (sistemik) maupun dengan penyinaran menggunakan sinar UVB. Baik pengobatan salep maupun penyinaran hanya membantu meredam penyakit tersebut dan tidak menyembuhkan sama sekali, sehingga sewaktu-waktu penyakit ini dapat timbul kembali.

Emang dibutuhkan perawatan EXTRA, selain pengobatan yang sangat mahal juga dibutuhkan pengorbanan PERASAAN yang tidak terhingga harganya (hehe bahasa yang aneh ya). Berikut beberapa tips sehat untuk mengendalikan Pso biar didapat REMISI yang lama:
1. Back to nature. Berbagai macam asupan yang tidak sehat dan juga dunia yang penuh polisi (hehe polusi../red) menjadikan perubahan yang signifikan terhadap fungsi alat tubuh, termasuk imun sendiri.
2. Jadi Vegetarian 100% Ampuh. Untuk mengendalikan proses inflamasi dibutuhkan asupan makanan yang anti inflamasi, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan segar.
3. Go to Dokter. Ya..segera ke dokter spesialis kulit, biar cepat ditangani dan pso ngak nyebar kemana2.
4. NO Smooking and No Alkohol. weleh2 ini faktor yang sangat berbahaya pemicu Pso mu kambuh.
5. Ayo disiplin lagi dong. Gaya hidup 1000 % harus dirubah. Pola tidur, pola makan, fikiran dan konsentrasi harus di install ulang..hehe.
6. Don’t be Angry. misale gini, klo mo marah. segera ambil ES BATU trus taroh didada..nyosss pasti ilang tu marah. Pemicu no 1 PSO Stress n Marah bro.
7. Bagi yang Muslim. Sholattttttt. salah satu YOGA yang paling ampuh menyiapkan tubuh kita menjadi rileks dan nyantai bro!!!.
8. You are not Alone. Kamu pernah denger beberapa artis yang nyampe berobat ke negeri singa buat nyari obatnya tapi ngak juga sembuh. Tua, muda, balita, kaum profesional, dokter sendiri, Kaum elite orang miskin semuanya tidak  ada terkecuali.
9. Bergabunglah dengan Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia. Bahwa kamu tidak sendiri, sangat banyak sekali hanya belum terdeteksi karena kurangnya informasi dan kesadaran kesehatan masyarakat mengangap penyakit ini tidak berbahaya. Dan kamu juga akan mendapatkan info perkembangan penelitian, pengobatan secara medis/ilmiah, alami dan alternative dari berbagai ratusan ribu sobat di indonesia.

Baca Juga:  Depresi Pada Remaja

 

 

Sumber : blogfuad.wordpress.com